49 Kepsek Pemalang Setor Ratusan Juta ke Bupati 

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

17 Januari 2023 01:00 17 Jan 2023 01:00

Thumbnail 49 Kepsek Pemalang  Setor Ratusan Juta ke Bupati  Watermark Ketik
Sidang suap promosi jabatan dengan terdakwa Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (16/1) (Foto: Istimewa)

KETIK, SEMARANG – Empat puluh sembilan kepala SMPN di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ketahuan menyetor uang syukuran kepada eks Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo atas pengangkatan jabatan kepala sekolah. 

Fakta itu diungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang Abdurrahman saat diperiksa sebagai saksi dalam sidang dugaan kasus suap promosi jabatan terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (16/1). 

"Dari 55 kepala sekolah yang dilantik, yang memberikan uang syukuran hanya 49 orang," kata Abdurrahman. 

"Setelah pelantikan langsung diingatkan oleh Pak Adi Jumal soal uang syukuran kepala sekolah," tambahnya. 

Abdurrahman mengakui pemberian uang yang mencapai ratusan juta itu diserahkan kepada bupati melalui Adi Jumal. Uang tersebut, lanjut dia, diperuntukkan sebagai dana operasional bupati yang diserahkan secara bertahap pada Mei 2022. Kadisdik Pemalang beri pengakuan mengejutkan dalam sidang dugaan suap tersebut.

"Pak Adi Jumal menyampaikan uang operasional untuk bupati karena menjelang Lebaran banyak kebutuhan," katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Bambang Setyo Widjanarko itu. 

Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo didakwa menerima suap dan gratifikasi terkait promosi dan mutasi jabatan di lingkungan pemerintah daerah tersebut yang totalnya mencapai Rp 7,57 miliar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kepsek setor uang Bupati pemalang