5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat CV

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

13 Juli 2023 00:00 13 Jul 2023 00:00

Thumbnail 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat CV Watermark Ketik
Ilustrasi curriculum vitae. (Foto: Eduadvisor)

KETIK, JAKARTA – Sebagai dokumen penting yang wajib dilampirkan saat melamar pekerjaan, curriculum citae atau CV sebisa mungkin harus terhindar dari kesalahan. Kekeliruan sekecil apapun bisa memengaruhi penilaian tim HRD atau recruiter.

Kesalahan biasanya terjadi karena terlalu menyepelekan dan kurangnya pengetahuan tentang pembuatan CV yang baik. Padahal, setiap detail yang ada dalam curriculum vitae sangat diperhatikan oleh perekrut.

Berikut 5 kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari saat membuat CV. Ketik.co.id merangkumnya dari laman topuniversities.

Kesalahan Penulisan

Kesalahan penulisan atau typo masih jamak ditemui dan menunjukkan kurangnya ketelitian yang bisa memberi nilai kurang di mata HRD. Karena ketelitian cukup dibutuhkan hampir di semua bidang pekerjaan.

Typo sebenarnya bisa dihindari dengan pengecekan secara berulang, baik dikoreksi sendiri maupun meminta bantuan orang lain. Bisa juga menggunakan alat pemeriksaan grammar melalui browser.

Format yang Buruk

CV menjadi tempat bagi pencari kerja untuk mengiklan diri. Kesalahan dalam memilih format bisa berdampak buruk terhadap penilaian karena dianggap tidak memperhatikan detail.

Hindari membuat CV yang terlalu kreatif karena HRD mencari yang bersih, rapi dan mudah dipindai. Ada banyak pilihan template yang bisa ditemukan di beberapa website dan bisa dimanfaatkan secara gratis.

Informasi yang Tidak Valid

Mencantumkan informasi yang tidak valid di dalam CV juga bisa berakibat fatal. Terlebih, jika sengaja berbohong untuk memenuhi kualifikasi tertentu yang disyaratkan oleh perusahaan pemberi kerja.

Hindari juga menjual diri yang berlebihan di dalam CV meski itu bagus untuk menunjukkan rasa percaya diri dan meyakinkan recruiter. Deskripsi profil harus dibuat seoriginal mungkin. 

CV Terlalu Panjang

Saat menulis CV, usahakan untuk lebih fokus pada kualitas daripada kuantitas. Artinya, jangan membuat curriculum vitae yang panjang karena perekrut tidak punya banyak waktu untuk membaca semuanya.

Buatlah CV yang menonjolkan capaian untuk ditawarkan kepada pemberi kerja. Upayakan tetap seringkas mungkin dan idealnya tidak lebih dari satu halaman.

CV Tidak Spesifik

Kesalahan yang juga sering terjadi adalah mengirimkan satu CV untuk semua jenis pekerjaan. Padahal, penting untuk mengirimkan curriculum vitae yang berbeda sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Artinya, buatlah CV yang spesifik untuk bidang pekerjaan tertentu. Cantumkan informasi yang relevan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

CV Curriculum Vitae Buat CV Kesalahan