Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Menyatok Rambut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Desember 2023 02:04 17 Des 2023 02:04

Thumbnail Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Menyatok Rambut Watermark Ketik
Ilustrasi menyatok rambut. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Rambut merupakan mahkota bagi wanita, tampilan rambut yang cantik akan membuat seorang wanita tampil lebih menarik. Oleh sebab itu, banyak wanita berusaha menata rambutnya agar tampak berkilau.

Mencatok rambut adalah prosedur penataan rambut yang menggunakan alat yang mengeluarkan panas. Hal ini tentu saja bukan tanpa risiko. Walaupun banyak wanita paham akan risiko mencatok rambut, tetapi masih banyak yang melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita saat mencatok rambut:

1. Menyetel suhu terlalu panas

Mencatok biasanya menggunakan suhu 185 derajat Celcius agar tetap aman dan enggak terlalu berdampak buruk pada rambut. Namun terkadang, para perempuan suka nggak tahu dan malah menyetel suhu catokan di atas 185 derajat celcius.

Padahal, jika mengatur suhu di atas angka tersebut, maka folikel atau kutikula rambut bisa mengalami kerusakkan, mulai dari kering hingga bercabang. Maka dari itu, hindarilah penggunaan alat catokan di suhu yang terlalu ekstrem, ya. 

2. Mencatok saat rambut basah

Usahakan saat mencatok, rambut sudah dalam keadaan kering. Jangan pernah mencatok rambut dalam keadaan basah.

Hal ini dapat menyebabkan dampak kerusakan yang besar dikarenakan folikel rambut akan dipaksa untuk cepat mengering dalam waktu yang super singkat. Hasilnya, rambut pun jadi rapuh dan mudah patah.

Sebagai solusinya, keringkan dahulu rambut yang basah tersebut selama beberapa saat.

3. Tidak menggunakan vitamin rambut

Sebelum mencatok rambut gunakan vitamin atau heat protection untuk melapisi rambut agar tidak rusak. Suhu catokan yang panas diyakini dapat membuat kelembaban pada rambut semakin lama semakin berkurang.

Agar tidak sampai terjadi permasalahan lainnya, maka wajib banget lho untuk rutin menggunakan berbagai rangkaian perawatan rambut ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kecantikan wanita catok rambut Kesalahan Perawatan