5 Tips Mengembalikan Semangat Bekerja setelah Libur Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 April 2023 21:30 25 Apr 2023 21:30

Thumbnail 5 Tips Mengembalikan Semangat Bekerja setelah Libur Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menikmati libur lebaran bersama keluarga merupakan saat yang menyenangkan. Namun saat masa liburan selesai dan harus kembali bekerja, sulit untuk mengembalikan semangat.

Nah, apabila Anda merasakan hal tersebut, jangan khawatir. Sebab, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan hasil kerja yang optimal.

1.  Pikirkan kesenangan dalam bekerja

Memikirkan dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan ketika bekerja bisa membantu untuk mengembalikan mood bekerja. Dengan membayangkan hal tersebut kita tidak akan terbawa dengan suasana kerja yang formal dan kaku.

2. Buat kembali jadwal kegiatan 

Selama liburan, jadwal kegiatan yang biasanya Anda lakukan pasti jadi terbengkalai. Supaya Anda ingat kembali kegiatan apa saja yang harus dilakukan, tidak ada salahnya jika Anda membuat ulang jadwal kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Selain itu, Anda juga perlu membuat to do list (hal-hal apa saja harus diprioritaskan untuk dikerjakan)

3. Bekerja dengan perlahan

Tentu tidak dapat dipungkiri hari pertama masuk kerja kita akan dihadapkan dengan tumpukan pekerjaan yang banyak setelah ditinggal libur panjang. Oleh sebab itu ada baiknya kamu melakukan pekerjaan dengan santai dan tidak terburu-buru. Pekerjaan yang diselesaikan dengan buru-buru malah akan membuat hasil pekerjaan tidak maksimal.

4. Jangan terpengaruh oleh teman

Sering kali kita mengalami mood yang kurang baik saat hari pertama masuk kerja setelah libur panjang. Hal serupa tentunya juga akan dirasakan juga oleh sebagian teman kerja. Usahakan jangan terbawa dengan suasana malas. Jangan biarkan teman kerja mempengaruhi mood kita. Baiknya kita yang harus mempengaruhi mereka untuk kembali semangat bekerja.

5. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik

Saat memasuki waktu istirahat kerja usahakan untuk memanfaatkannya dengan baik. Seperti melakukan berbagai kegiatan ringan membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Libur lebaran Bekerja semangat produktivitas keluarga