6 Minggu Jabat PM Inggris, Liz Truss Mundur dari Jabatan 

Editor: Shinta Miranda

21 Oktober 2022 07:15 21 Okt 2022 07:15

Thumbnail 6 Minggu Jabat PM Inggris, Liz Truss Mundur dari Jabatan  Watermark Ketik
Liz Truss. (Foto: Reuters) 

KETIK, JAKARTA – Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengundurkan diri pada Kamis (20/10), hanya enam minggu setelah menjabat. 

Pengumuman PM Inggris Liz Truss mundur terjadi setelah Menteri Keuangan barunya, Jeremy Hunt, membatalkan hampir semua agenda ekonomi yang dia usulkan. 

Langkah Hunt seharusnya menjadi dorongan untuk pertumbuhan, tetapi disisi lain kebijakan itu menjadi deklarasi kegagalan politik Truss. 

Pada awal bulan ini, pada Konferensi Partai Konservatif di Birmingham, Truss masih berusaha menggalang dukungan partai untuk pendekatan kontroversialnya dalam meningkatkan ekonomi Inggris. 

‘’Saya memiliki tiga prioritas untuk ekonomi: pertumbuhan, pertumbuhan, pertumbuhan,” katanya. 

Pemilihan Truss awalnya diharap menghadirkan perubahan dari era penuh gejolak mantan Perdana Menteri Boris Johnson. 

Akan tetapi, “Truss justru menghadirkan kekacauan baru yang terurai dengan kecepatan yang hampir belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Inggris,” kata Nicholas Allen, profesor politik di Royal Holloway, Universitas London kepada Al Jazeera. 

"Tidak ada posisi perdana menteri baru yang terguling begitu cepat dalam jabatan perdana menteri mereka atau begitu dahsyat seperti Truss selama beberapa minggu terakhir." 

Wanita berusia 47 tahun, yang masuk parlemen pada 2010, mendapati dirinya berada di posisi kabinet pertama pada 2014 sebagai menteri luar negeri untuk urusan lingkungan, pangan, dan pedesaan di bawah mantan Perdana Menteri David Cameron. 

Dia sejak itu menjabat di bawah Theresa May dan Boris Johnson di berbagai posisi. (*)

Tombol Google News

Tags:

PM Inggris Liz Truss Perdana Menteri