Mengenal PM Inggris yang Baru, Rishi Sunak yang Kaya Raya

Editor: Shinta Miranda

26 Oktober 2022 05:37 26 Okt 2022 05:37

Thumbnail Mengenal PM Inggris yang Baru, Rishi Sunak yang Kaya Raya Watermark Ketik
Rishi Sunak PM Inggris yang baru. (Foto: Reuters)

KETIK, SURABAYA – Inggris resmi memiliki perdana menteri (PM) baru. Ia adalah Rishi Sunak.

Penunjukan resminya sebagai PM sudah disampaikan Istana Buckingham, Selasa kemarin. Foto-foto didistribusikan oleh istana menunjukkan bagaimana Raja Charles III menjabat tangan Sunak saat dia mengangkatnya menjadi PM.

Sunak sendiri menggantikan Liz Truss yang mundur setelah 45 hari menjabat. Sunak sendiri PM termuda Inggris dalam sejarah, setelah memenangkan pemilihan Partai Konservatif sehari sebelumnya.

Sunak lahir pada 12 Mei 1980 di Southampton, Inggris. Kedua orang tuanya merupakan orang Asia, yang datang dari India ke Inggris dari Afrika Timur.

Ayahnya adalah dokter dan ibunya memiliki toko kimia. Pria berusia 42 tahun ini mengenyam pendidikan di sekolah swasta sebelum pergi ke Universitas Oxford untuk belajar filsafat, politik dan ekonomi (PPE), gelar pilihan di universitas pilihan untuk elit politik Inggris.

Ia kemudian meraih gelar master di bidang administrasi bisnis (MBA) dari Universitas Stanford di Amerika Serikat (AS) sebagai Fulbright Scholar. Di Stanford, ia bertemu calon istrinya, Akshata Murty, putri seorang miliarder India.

Akshata Murty diketahui putri miliuner India Narayana Murty, pemilik harta sebesar US$ 4,5 miliar atau setara Rp 702 triliun. Narayana sendiri dikenal sebagai "Bill Gates India" karena memiliki perusahaan teknologi.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sunak bekerja untuk Goldman Sachs. Setelahnya ia pindah ke hedge fund atau pengelola investasi global.

Sunak dan Murty memiliki kekayaan gabungan sebesar 730 juta poundsterling atau setara Rp12,9 triliun pada tahun 2022, menjadikan mereka orang terkaya ke-222 di Inggris menurut Sunday Times Rich List. Pasangan ini memiliki dua anak perempuan.

Tombol Google News

Tags:

PM Inggris Rishi Sunak kekayaan