Abah Anton Singgung Optimalisasi Pajak dan Retribusi Kota Malang, Kena Sentil Sam HC

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

27 Oktober 2024 06:30 27 Okt 2024 06:30

Thumbnail Abah Anton Singgung Optimalisasi Pajak dan Retribusi Kota Malang, Kena Sentil Sam HC Watermark Ketik
Pasangan Abah Anton dan Dimyati Ayatulloh dalam pelaksanaan debat Pilkada Kota Malang. (Foto: Tangkapan layar KPU Kota Malang)

KETIK, MALANG – Calon Wali Kota Malang, Abah Anton kena sentil lawannya, Heri Cahyono (Sam HC) dalam Debat Publik pertama, Sabtu 26 Oktober 2024. Hal tersebut bermula saat Abah Anton menyinggung terkait optimalisasi pajak dan retribusi Kota Malang.

Pasalnya, Abah Anton menjelaskan bahwa mengintensifkan pemungutan pajak dan retribusi daerah menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Sam HC pun menanggapi bahwa jika peningkatan PAD maupun retribusi dapat menyusahkan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Abah Anton menjelaskan pembangunan Kota Malang tidak dapat hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun dana dari pemerintah pusat.

"Untuk masalah PAD kami tahu bahwa PAD tidak bisa memberikan pembangunan yang mutlak. Kami akan mengkombinasikan dengan CSR," ujar calon nomor urut 3 itu.

Untuk itu percepatan proses perizinan akan menjadi fokus utama untuk mendukung investasi di Kota Malang. Pemberian perizinan kepada calon investor harus diperhatikan demi menciptakan iklim investasi yang baik di Kota Malang.

Abah Anton mengaku menerima banyak sambatan dari masyarakat terkait rumitnya perizinan di Kota Malang. Menurutnya kondisi tersebut menjadi masalah besar yang dapat menghambat investasi.

"Investasi bagi calon investor juga penting menurut kami di dalam peran untuk menaikkan PAD. Pemberian kemudahan, terutama kepada percepatan masalah perizinan harus kita lakukan," tambahnya.

Peningkatan PAD juga dapat dilakukan dengan menciptakan peta potensi melalui perwujudan event menarik baik dalam skala nasional maupun internasional. "Event-event baik itu nasional maupun internasional bisa memberikan tambahan nilai cukup besar bagi pemasukan pajak daerah kita," tuturnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Abah Anton PAD Kota Malang Dimyati Ayatulloh Kota Malang Pilkada Kota Malang Debat Calon Wali Kota Malang Debat Pilkada pilkada serentak Pilkada 2024