AC Mobil Dingin Sebelah? Berikut Ini Beberapa Penyebabnya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

16 Maret 2024 00:01 16 Mar 2024 00:01

Thumbnail AC Mobil Dingin Sebelah? Berikut Ini Beberapa Penyebabnya Watermark Ketik
Ilustrasi AC mobil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Air conditioner (AC) pada mobil merupakan salah satu fitur yang berguna untuk menjaga suhu kabin agar tetap sejuk dan dingin. Namun pernahkah anda mendapati AC mobil tiba tiba dingin sebelah.

AC yang dingin sebelah bisa jadi menjadi hal yang sangat menggangu apalagi jika terjadi di tengah cuaca terik di bulan Ramadan.

Lantas apa yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan di bawah ini.

1. Filter udara tersumbat

Filter udara merupakan salah satu komponen penting dalam AC mobil. Kompenen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari kotoran di udara. Salah satu yang bisa membuat filter udara tersumbat yakni adanya kotoran yang menumpuk. Hal tersebut menyebabkan udara dingin yang dialirkan oleh AC tidak merata karena hanya keluar dari salah satu sisi saja.

2. Kebocoran freon

Penyebab AC mobil menjadi dingin sebelah selanjutnya, disebabkan oleh kebocoran freon. Seperti diketahui freon berfungsi menjaga tekanan refrigeran pada AC mobil. Apabila freon bocor maka tekanan tersebut berkurang sehingga AC mobil hanya mengalirkan udara dingin pada satu sisi saja.

3. Blower bermasalah

Komponen ini berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin secara merata pada sistem AC. Apabila terjadi suatu masalah maka udara dingin tidak akan tersalurkam secara merata. 

4. Saluran udara bermasalah

AC mobil yang dingin sebelah dapat disebabkan oleh saluran udara yang bermasalah. Sebab komponen ini berfungsi untuk menyalurkan suhu dingin pada kabin mobil.

5. Komponen elektronik bermasalah

Seperti diketahui jika AC memiliki komponen elektronik seperti sensor suhu dan lain sebagainya. komponen tersebut berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin di dalam mobil secara merata. Apabila komponen tersebut bermasalah sudah dipastikan AC mobil hanya mengeluarkan udara dingin di salah satu sisinya saja.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif AC Mobil Suhu Filter Udara Saluran Udara Freon