Ada Event KCC dan Bantengan, Ruas Jalibar di Kepanjen Ditutup Akhir Pekan Ini

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

1 September 2024 05:05 1 Sep 2024 05:05

Thumbnail Ada Event KCC dan Bantengan, Ruas Jalibar di Kepanjen Ditutup Akhir Pekan Ini Watermark Ketik
Suasana KCC dan Bantengan yang digelar di Jalibar Kepanjen Kabupaten Malang. (Foto: Disparbud Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Ruas Jalur Lingkar Barat atau Jalibar di Kepanjen, Kabupaten Malang ditutup pada Sabtu dan Minggu, 31 Agustus-1 September 2024. Penutupan tersebut buntut adanya pelaksanaan dua event digelar Pemkab Malang.

Dua kegiatan ini yakni Kanjuruhan Culture Carnival atau KCC dan Bantengan. Dishub Kabupaten Malang meminta masyarakat maupun pengendara untuk dapat menghindari jalur tersebut, tujuannya agar tidak terjadi kepadatan dan kemacetan.

Satlantas Polres Malang juga telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan. Bagi pengendara yang ingin ke Blitar, maka oleh Satlantas Polres Malang diarahkan untuk masuk ke dalam Kota Kepanjen.

Karena Jalibar dilakukan penutupan akibat dilaksanakan dua event tersebut. Salah satu warga Eza Hasibuan mengatakan, akibat event itu menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas utama Kepanjen.

"Kepanjen macet, dikarenakan Jalibar dan Penarukan macet total akibat karnaval," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto mengatakan,maksud digelarnya kegiatan KCC dan KBF (Bantengan) adalah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 1264 Kabupaten Malang Tahun 2024.

"Selain itu kegiatan ini juga bisa tercatat sebagai kalender event nasional, serta menumbuhkan rasa bangga didalam diri warga, wisatawan, dan pengunjung atas kebudayaan asli daerah. Juga dalam rangka mengembangkan, melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya lokal serta sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa," ucapnya.

Menurut Purwoto tujuan dilaksanakannya KCC dan KBF (Bantengan) ini adalah sebagai event budaya yang teragenda secara rutin tiap tahun, dan sarana promosi kesenian, kebudayaan, serta destinasi pariwisata Kabupaten Malang. 

Kemudian memberikan wadah atau sarana berekspresi bagi masyarakat dan para seniman, budayawan, serta memberikan apresiasi terhadap kesenian tradisional bantengan di Kabupaten Malang.

"Harapannya kegiatan ini bisa menarik minat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk hadir pada event ini dan tempat-tempat tujuan wisata lainnya di wilayah kabupaten Malang. Dan tak lupa juga akan terciptanya pasar IKM, UMKM dan produk ekonomi kreatif lainnya pada event ini," terangnya.(*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Jalibar Kepanjen Kabupaten Malang KCC Bantengan