Adik Kim Jong Un Siapkan Tes Rudal Antar Benua 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

21 Desember 2022 08:17 21 Des 2022 08:17

Thumbnail Adik Kim Jong Un Siapkan Tes Rudal Antar Benua  Watermark Ketik
Ilustrasi peluncuran rudal antar benua. (Foto: Reuters) 

KETIK, JAKARTA – Adik perempuan Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un mengancam Korea Utara siap menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) dengan jarak sesungguhnya yang berarti bisa mencapai daratan Amerika Serikat. 

Ancaman itu diutarakan Kim Yo Jong melalui pernyataan yang dirilis kantor berita pemerintah Korut, KCNA, pada Selasa (20/12/2022). Dalam pernyataan itu, perempuan yang kini memegang jabatan tinggi di Partai Buruh yang berkuasa itu juga menepis skeptisme para ahli seputar teknologi ICBM Korut dan bertekad membuktikan ketangguhan rudal balistik antarbenua itu dengan uji coba. 

Dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh KCNA, Kim Yo Jong juga menepis skeptisisme para ahli seputar kemajuan teknologi ICBM Korea Utara, khususnya tentang kemampuan masuk kembali senjatanya. 

“Skeptisisme yang disebut pakar Korea Selatan atas dua foto yang diambil oleh kamera uji warna dan evaluasi mereka terhadap pengembangan dan persiapan satelit negara saya sangat tidak pantas dan sembrono,” katanya. 

Dia membela bahwa pengujian dilakukan dengan benar dan hasilnya diketahui publik. 

“Melalui pengujian, indikator teknis penting seperti teknologi pengoperasian kamera, pemrosesan data dan kemampuan transmisi perangkat komunikasi, serta akurasi pelacakan dan kontrol dari sistem kontrol darat dikonfirmasi dalam kondisi lingkungan luar angkasa,” ujarnya, dikutip KCNA. 

“Orang-orang kami akan berdiri teguh dalam proyek pengembangan satelit pengintaian yang diputuskan oleh Partai kami, berapa pun biayanya,” tambahnya. 

Sampai saat ini, Korea Utara telah menembakkan rudal balistik yang terbang ratusan mil ke luar angkasa kemudian menyewakan atmosfer pada sudut yang curam, dengan sebagian besar jatuh ke perairan antara Korea Utara dan Jepang. 

Untuk berhasil menargetkan daratan AS, rudal Korea Utara harus mengambil jalur penerbangan yang lebih dangkal dan sudut masuk kembali yang lebih dangkal. 

“Selama beberapa tahun, yang disebut ahli telah mengatakan bahwa ICBM kami masuk kembali ke atmosfer belum diakui atau diverifikasi,” terangnya. 

“Tampaknya jelas bahwa mereka akan mencoba meremehkan kemampuan senjata strategis kita dengan logika sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibuktikan dengan peluncuran sudut tinggi saja, dan itu hanya dapat diketahui dengan menembak pada sudut normal. Saya akan memberikan jawaban mudah untuk itu. Kita bisa mencobanya segera dan begitu Anda melihatnya, Anda akan tahu,” lanjutnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kim Jong Un rudal antarbenua Kim Yo Jong