Ajak Anak Cinta Masjid, Ini Ikhtiar yang Dilakukan Takmir Masjid Baiturrahim Curungrejo

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 10:29 17 Mar 2024 10:29

Thumbnail Ajak Anak Cinta Masjid, Ini Ikhtiar yang Dilakukan Takmir Masjid Baiturrahim Curungrejo Watermark Ketik
Puluhan anak-anak ketika mengikuti Pesantren Ramadan di Masjid Baiturrahim Curungrejo. (Foto : Iksan for ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Beragam cara dilakukan untuk membentuk karakter anak agar cinta masjid. Seperti oleh Takmir Masjid Jamik Baiturrahim Desa Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang, menggelar Pesantren Ramadan, Minggu, (17/3/2024).

Pesantren Ramadan Kilat khusus diperuntukkan bagi anak-anak TK Muslimat, TK PGRI, TK Darma Wanita dan SDN ataupun MINU se Desa Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Ketua Takmir Masjid Baiturrahim Curungrejo Kepanjen, Kabupaten Malang, M Iksan mengatakan, kegiatan ini dilakukan oleh Takmir Masjid bersama Remaja Masjid.

"Kegiatan ini telah secara rutin dilaksanakan setiap bulan suci," ujarnya. Lebih lanjut ia mengatakan, lembaga pendidikan mengikuti Pesantren Ramadan kali ini.

"Diantaranya, TK Muslimat NU, TK Dharma Wanita, SDN-01, SDN-02 dan MINU Curungrejo," sebutnya. Selanjutnya ia memberikan arahan kepada Remaja Masjid agar lebih banyak lagi ide kreatif untuk membuat kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak di masjid.

"Tujuannya agar keberadaan masjid menjadi semakin syiar dan tercipta calon-calon generasi Islam yang cinta terhadap masjid," sebut Cak Iksan sapaan akrabnya.

Pihaknya juga menyambut baik dan mendukung penuh berbagai program syiar di Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo, salah satunya adalah kegiatan Pesantren Ramadan ini

Sementara itu, Pengasuh dan Pendamping Remaja Masjid Jamik Baiturrahim Zainal Abidin mengatakan pentingnya penanaman karakter cinta masjid sejak dini.

"Masjid sebagai sebuah pusat peradaban Islam masa lalu, masa kini dan masa depan, wajib ditanamkan rasa cinta terhadap anak-anak khususnya pada usia dini," terangnya.

Menurutnya, sama halnya pada Pesantren Ramadan pada umumnya, kegiatan yang dilakukan adalah pemberian bekal maupun materi tentang agama Islam

"Selain itu, mereka juga semakin dekat dengan masjid. Kegiatan Pesantren Ramadlan ini dikemas dengan metode yang menarik, seperti main game, kuis dan juga ada puluhan hadiah," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo Kepanjen Kabupaten Malang Ramadan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1