AKD DPRD Kota Blitar Terbentuk, Begini Komposisinya

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Gumilang

24 Oktober 2024 11:20 24 Okt 2024 11:20

Thumbnail AKD DPRD Kota Blitar Terbentuk, Begini Komposisinya Watermark Ketik
Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim, Rabu 23 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar resmi menggelar rapat paripurna untuk membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) periode 2024-2029 pada Rabu, 23 Oktober 2024. Rapat ini menghasilkan pembentukan tiga komisi dan empat badan.

Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim, menyampaikan bahwa proses pembentukan AKD telah berjalan lancar. “Alhamdulillah, hari ini pembentukan AKD selesai. Semua AKD, mulai dari komisi hingga badan, sudah terbentuk. Setelah ini, Badan Musyawarah akan segera melakukan rapat,” ujar Syahrul Alim.

Komposisi AKD DPRD Kota Blitar terdiri dari tiga komisi dan empat badan. Berikut adalah rincian struktur kepemimpinan AKD yang baru terbentuk, yaitu Komisi 1: Ketua Agus Zunaidi (Fraksi PPP) dan Sekretaris Ely Hidayah Fitnawati (Fraksi PKB).

Komisi 2: Ketua Yohan Tri Waluyo (Partai Gerindra) dan Sekretaris Nuhan Eko Wahyudi (PPP). Komisi 3: Ketua Yudi Meira (PDI Perjuangan) dan Sekretaris Purwanto (Partai Golkar).

Adapun empat badan yang juga telah terbentuk, yakni, Badan Anggaran (Banggar): Diketuai ex officio oleh pimpinan DPRD, dengan Wakil Ketua Tan Ngi Hing (Partai Gerindra).

Badan Musyawarah (Bamus): Juga dipimpin secara ex officio oleh pimpinan DPRD Kota Blitar. Badan Kehormatan (BK): Ketua Aris Dedi Arman (PDI Perjuangan). Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda): Ketua Johan Marihot (PDI Perjuangan) dan Wakil Ketua Yudarso (PKB).

Ketua DPRD Syahrul Alim berharap setelah pembentukan ini, komisi dan badan di DPRD Kota Blitar segera menjalankan tugas-tugasnya. Mengingat akhir tahun semakin dekat, ada banyak pekerjaan yang menunggu, terutama dalam pengawasan program-program pemerintah Kota Blitar.

“Mendekati akhir tahun, pekerjaan di komisi sangat banyak. Kami berharap komisi segera melaksanakan tugasnya,” kata Syahrul.

DPRD Kota Blitar periode 2024-2029 dipimpin oleh tiga pimpinan, yaitu, Ketua Syahrul Alim (PDI Perjuangan), Wakil Ketua 1 Adi Santoso (PKB), Wakil Ketua 2 M. Hardita Magdi (Partai Golkar).

Selain itu, DPRD Kota Blitar memiliki lima fraksi, yaitu Fraksi PDI Perjuangan (PDIP - Partai Gerindra), Fraksi PKB, Fraksi PAN (PAN - Partai Demokrat), Fraksi PPP, dan Fraksi Partai Golkar.

Dengan terbentuknya AKD, diharapkan seluruh elemen DPRD Kota Blitar dapat bekerja maksimal demi kepentingan masyarakat Blitar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Blitar Kota Blitar DPRD AKD DPRD Kota Blitar Syahrul