Akhir Tahun 2023, Samator Indo Gas Terima Pinjaman Sindikasi Sebesar Rp 4,6 Triliun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

16 Desember 2023 07:27 16 Des 2023 07:27

Thumbnail Akhir Tahun 2023, Samator Indo Gas Terima Pinjaman Sindikasi Sebesar Rp 4,6 Triliun Watermark Ketik
Para jajaran direktur PT Samator Indo Gas. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – PT Samator Indo Gas Tbk (Kode Bloomberg: AGII IJ atau “Perusahaan”) telah memperoleh Syndicated Term Loan Facility (Pinjaman Sindikasi) dari sejumlah mitra perbankan. Diantaranya yakni Bank Danamon, Bank OCBC NISP, Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga sebagai Facility Agent dan Security Agent.

Pinjaman sindikasi sebesar Rp 4,6 Triliun tersebut ditargetkan untuk mendanai keterlibatan Perseroan dalam proyek hilirisasi industri nasional pada tahun 2024 mendatang.

Lebih lanjut terkait proyeksi tahun buku berikutnya, Direktur Utama Perseroan, Rachmat Harsono mengatakan, Perseroan menargetkan Total Pendapatan tahun 2024 tumbuh 9,6% dari Target Total Pendapatan tahun 2023. 

"Untuk mencapai sasaran pertumbuhan tersebut, pinjaman sindikasi yang kami dapat akan digunakan mendukung dana CAPEX tahun 2024. CAPEX tahun 2024 sendiri sudah dianggarkan sebesar Rp 1 Triliun hingga Rp 1,1 Triliun," katanya, Jumat (15/12/2023).

Rachmat menambahkan, Besaran CAPEXdi tahun selanjutnya dipengaruhi oleh anggaran untuk membangun 2 (dua) pabrik besar yang kini tengah berjalan, yakni pembangunan pabrik ke-56 di Batang, Jawa Tengah, dan pabrik ke-57 di Batam.

"Untuk meningkatkan kapasitas produksi ditengah permintaan yang semakin banyak. Saat ini kami tengah membangun pabrik baru," tambahnya.

Dari sisi non-finansial, Perseroan telah menerapkan beberapa strategi nilai keberlanjutan, seperti utilisasi panel surya pada pabrik dan penyelenggaraan CSR Terus Sehat Meraih Mimpi yang dilatarbelakangi kesadaran untuk menyediakan akses kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. 

"Manajemen Perseroan menggarisbawahi bahwa Total Penjualan Perusahaan per 9M2023 mengalami pertumbuhan sebesar 8,7% dibandingkan angka Total Penjualan pada periode yang sama di tahun sebelumnya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

PT Samator Indo Gas Pinjaman sindikasi corporate Ekonomi pertumbuhan