Alex Rins, Pembalap Anyar LCR Honda tentang Tunggangan Barunya RC213V

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

19 Februari 2023 09:28 19 Feb 2023 09:28

Thumbnail Alex Rins, Pembalap Anyar LCR Honda tentang Tunggangan Barunya RC213V Watermark Ketik
Alex Rins pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (Foto: MotoGP.com)

KETIK, JAKARTA Mantan pembalap Suzuki, Alex Rins, di MotoGP musim ini akan tampil bersama tim anyarnya LCR Honda. Usai tampil di tes pramusim pertama di Sepang (10-12 Februari), Rins mengaku masih meraba-raba kekuatan motor barunya itu.

Rins adalah pemenang dua dari tiga balapan MotoGP terakhir musim lalu. Pembalap 27 tahun itu mengatakan, pendekatan kepada motor RC213V Honda jelas berbeda dengan tunggangannya dulu yakni GSX-RR milik Suzuki.

“Aku tidak akan membuat Honda menjadi Suzuki. Belum banyak kilometer yang aku dapat dengan motor ini. Tapi aku sudah bisa merasakan kelebihan, kekurangan, dan hal yang bisa ditingkatkan,” ucap Rins dilansir Crash.

Foto Alex Rins pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (Foto: MotoGP.com)Alex Rins pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (Foto: MotoGP.com)

Pembalap Spanyol itu mengaku sudah menganalisa penampilannya menggunakan RC213V pada tes pramusim pertama di Sepang akhir pekan kemarin. Dia menyebut ada beberapa problem yang membuatnya masih belum maksimal.

Di antaranya adalah dia terlalu lambat saat berada di tikungan cepat. Selain itu, saat melakukan pengereman, ban belakang motornya juga masih terlalu bergetar.

“Tapi kurang-lebih aku cukup puas dengan motor ini. Aku nyaman saat melakukan pengereman. Di tengah dan saat keluar dari tikungan juga baik. Tapi kami memang masih terlalu jauh dengan pembalap-pembalap di depan,” jelas Rins.

Foto Alex Rins pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (Foto: MotoGP.com)Alex Rins pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (Foto: MotoGP.com)

Di tes pramusim pertama selama tiga hari itu para pembalap Ducati terus menjadi yang tercepat. Marco Bezzecchi (VR46 Racing Ducati), Jorge Martin (Pramac Ducati), dan Luca Marini (VR46 Racing Ducati) berturut-turut nangkring di posisi teratas dalam pengumpulan catatan waktu terbaik dari hari pertama sampai ketiga.

Dari empat pembalap Honda yang turun, Marc Marquez menjadi yang tercepat pada hari pertama dan ketiga tes. Rins sempat jadi pembalap tercepat Honda pada hari kedua. Namun, catatan waktu terbaik para pembalap Honda itu semuanya masih terpaut lebih dari 0,4 detik dari rider-rider Ducati yang ada di posisi terdepan.(*)  

Tombol Google News

Tags:

Alex Rins HRC LCR Honda MotoGP Motorsport