Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Jadi Pelayan Restoran di Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 Agustus 2023 12:22 25 Agt 2023 12:22

Thumbnail Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Jadi Pelayan Restoran di Surabaya Watermark Ketik
Salah satu waitress, Charlene yang sedang mengantarkan pesanan pelanggan, Jumat (25/8/2023).( Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Demi memberikan pengalaman berbeda kepada para pelanggan, sebuah cafe di Surabaya, Onni House menghadirkan hal yang unik, yakni dengan mempekerjakan anak-anak berkebutuhan khusus sebagai pelayan restoran.

Onni House Surabaya bekerjasama dengan pusat pendidikan anak berkebutuhan khusus Destiny Learning Center. Mereka Mengajak anak anak berkebutuhan khusus untuk mencoba pengalaman baru dengan bekerja sebagai waiter.

Anak-anak berkebutuhan khusus terlihat cekatan dalam melayani pesanan dan mengantarkan makanan para tamu. Tak jarang para tamu terlihat mengabadikan momen dengan berfoto dan juga berinteraksi dengan anak-anak berkebutuhan khusus.

Foto Pelayan anak berkebutuhan khusus saat mencatat pesanan pelanggan, Jumat (25/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Pelayan anak berkebutuhan khusus saat mencatat pesanan pelanggan, Jumat (25/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Founder Destiny Learning Center, Tirza Dian Octivia mengatakan, bahwa itu kegiatan itu sesuai dengan visi misi lembaganya. Yakni ngajarkan life skill kepada anak anak berkebutuhan khusus ini agar dapat mandiri.

Pihaknya bekerjasama dengan Onni House Surabaya untuk mengajarkan bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan mengantarkan makanan ke meja.

"Jadi di sini kita ada 7 anak yang ikut program ini. Mereka terdiri dari anak downsyndrom, autisme dan slow learner. Dan memang tujuan dari program ini untuk mengasah social skill dan manajemen emosi anak-anak," jelasnya.

Salah satu anak downsyndrom, Charlene sangat senang mengikuti kegiatan ini karena bisa belajar hal dan pengalaman baru. Walaupun cukup melelahkan, namun remaja 19 tahun ini sangat menikmati pekerjaannya sebagai waiter.

"Rasanya senang, walaupun capek tetapi happy. Semakin rame pembelinya semakin senang, karena bisa melayani banyak orang," terangnya.

Ditemui di tempat yang sama, salah satu pelanggan restoran, Corina mengaku cukup tertarik dengan konsep yang diusung Onni House. Ia bisa merasakan pengalaman baru dan berinteraksi dengan anak-anak berkebutuhan khusus. 

"Adik- adik di sini luar biasa, walaupun memiliki kekurangan, namun semangatnya luar biasa. Kerjanya juga rajin dan pelayanannya memuaskan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Onni House Waiterss Pelayan Anak berkebutuhan khusus Life skill Destiny Learning Center