Anggota DPR RI dan Wabup Jombang Hadiri Ruwat Desa Miagan Mojoagung

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

18 Maret 2023 10:13 18 Mar 2023 10:13

Thumbnail Anggota DPR RI dan Wabup Jombang Hadiri Ruwat Desa Miagan Mojoagung Watermark Ketik
Wakil Bupati Jombang Sumrambah saat menghadiri Ruwat Desa Miagan, Mojoagung, Jombang. (Foto: Deni for Ketik.co.id)

KETIK, JOMBANG – Ruwat Desa diadakan dengan tujuan memohon kepada sang Pencipta, untuk keselamatan penduduk desa, kelancaran usaha, keberhasilan pertanian dan lain sebagainya.

Ruwat desa juga merupakan bentuk rasa syukur atas hasil pertanian yang didapat. Desa Miagan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang pada Sabtu (18/03/2023) pagi mengadakan acara Ruwat Desa.

Acara diawali khataman Al Qur’an, lantas dilanjutkan dengan bazar, barikan, kirab budaya. Acara berlangsung meriah karena dihadiri ratusan warga serta perangkat desa.

Perwakilan pejabat di lingkungan Kecamatan Mojoagung beserta unsur dari TNI dan Polri juga hadir.

Acara ini juga dihadiri anggota DPR RI dari PDI P Sadarestu Wati atau yang akrab disapa Mbak Estu. Hadir pula Wakil Bupati Jombang Sumrambah.

Foto Mbak Estu (tengah) berfoto bersama para perangkat desa Miagan. (Foto: Deni for Ketik.co.id)Anggota DPR RI Mbak Estu (tengah) berfoto bersama para perangkat desa Miagan. (Foto: Deni for Ketik.co.id)

Wabup jombang Sumrambah mengapresiasi dan berterima kasih kepada warga yang ikut berupaya melestarikan budaya warisan leluhur.

“Kami menekankan pentingnya melestarikan budaya sebagai identitas bangsa,” ungkapnya.

Mbak Estu sendiri juga berpesan agar masyarakat tetap ikut melestarikan budaya seperti acara ini. "Terima kasih telah ikut melestarikan budaya dan menjaga tradisi yang diwariskan nenek moyang, agenda ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mengembangkan potensi wisata budaya daerah di desa," ucap Mbak Estu.

Pagelaran wayang kulit akan digelar pada malam hari di kantor desa setempat. Kepala Desa Miagan Antok Budi S. menyampaikan, acara ini menjadi euforia bagi warga. Apalagi sudah lama warga tidak menggelar acara seperti ini akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.(*)

Tombol Google News

Tags:

Miagan Jombang mojoagung ruwat desa sumrambah