Antisipasi Bencana Alam dan Wabah Penyakit, Kodim 0732/Sleman Gelar Karya Bakti

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

8 Desember 2023 13:22 8 Des 2023 13:22

Thumbnail Antisipasi Bencana Alam dan Wabah Penyakit, Kodim 0732/Sleman Gelar Karya Bakti Watermark Ketik
Wabup Sleman Danang Maharsa secara simbolis menyerahkan pohon kepada masyarakat (8/12/2023). (Foto: Pendim Sleman for Ketik.co.id)

KETIK, SLEMAN – Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa memimpin apel karya bakti Kodim 0732/Sleman dalam rangka bersih-bersih lingkungan dan penanaman pohon untuk mencegah potensi bencana alam dan wabah penyakit menjelang perubahan musim.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Jum'at (8/12/2023) di lapangan parkir pasar tradisional Gamping Jl. Wates Km. 4 Ambarketawang, Gamping, Sleman.

Danang Maharsa menyampaikan kegiatan yang diinisiasi Kodim 0732/Sleman ini merupakan implementasi kemanunggalan TNI dan rakyat. Wujud aksi nyata turun langsung bersama-sama dengan elemen-elemen lain untuk melaksanakan bersih-bersih pasar.

DI kegiatan ini juga dilakukan penanaman pohon untuk menghadapi potensi bencana alam dan wabah penyakit. Serta menggelar operasi pasar untuk mencegah inflasi menjelang Nataru.

"Saya ucapan terima kasih atas inisiatif Kodim Sleman yang telah memberikan perhatian dan bantuan dalam upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sleman," ucapnya.

Foto Dandim Sleman bagikan bantuan paket sembako pada perwakilan warga setempat. (Foto: Pendim Sleman for Ketik.co.id)Dandim Sleman Letkol Arm Danny A.P Girsang membagikan bantuan paket sembako pada perwakilan warga setempat. (Foto: Pendim Sleman for Ketik.co.id)

Danang Maharsa berharap program tersebut dapat dicontoh para pedagang pasar. Sehingga pasarnya tetap bersih sesuai slogan "Pasare Resik Rejekine Apik."

Kegiatan tersebut sekaligus dinilai Danang sebagai aksi nyata yang dibutuhkan dalam menanggulangi sampah di Kabupaten Sleman.

“Saya harap upaya Kodim 0732 hari ini menjadi langkah awal yang memotivasi setiap pemangku kepentingan untuk menunjukkan peran aktifnya dalam pelestarian lingkungan,” sebut Danang.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sleman sekaligus mengimbau kepada pedagang dan pembeli di Pasar Gamping untuk terlibat dalam upaya mengurangi sampah. Dimulai dengan membiasakan diri membawa botol minum pribadi dan tas belanja.

Danang berharap hal itu dapat menjadi langkah perubahan baik untuk Sleman yang lebih bersih dan sehat.

Senada dengan Wabup Sleman, Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Arm Danny A.P Girsang menyampaikan pelaksanaan karya bakti ini dilakukan oleh Kodim 0732/Sleman bersama komponen masyarakat lainnya terdiri dari unsur TNI, Polri, Ormas, Relawan dan instansi terkait lainnya.

Sedangkan pelaksanaan bersih-bersih pasar kali ini dengan sasaran meliputi pembersihan sampah yang ada di jalan maupun selokan gorong-gorong di sekitar pasar Gamping.

Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran wabah penyakit melalui nyamuk ataupun penyebab lainnya. "Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk ataupun lingkungan yang tidak terjaga," jelasnya.

Foto Aksi nyata bersih-bersih pasar Gamping. (Foto: Pendim Sleman for Ketik.co.id)Aksi nyata bersih-bersih pasar Gamping. (Foto: Pendim Sleman for Ketik.co.id)

Letkol Arm Danny A.P Girsang juga menyebutkan, dalam karya bakti ini selain bersih-bersih pasar juga melakukan aksi penanaman pohon. Aksi tersebut dilakukan di seputaran embung Bendotirto Temuwuh Kidul, Balecatur, Gamping Sleman.

Ini sebagai upaya pencegahan bencana. Mengingat biasanya di akhir tahun curah hujan cenderung tinggi. "Kami tanam kurang lebih dua ratus lima puluh pohon berbagai jenis. Seperti pohon Durian, Manggis, Alpukat, Pule, Gayam, Tanjung, Bambu Petung. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam hidrometeorologi atau non hidrometeorologi," sebutnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan paket sembako kepada 25 orang perwakilan masyarakat  Balecatur. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Dandim Sleman, Kapolresta Sleman, dan jajaran Forkopimda.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Sleman Kombes Pol. Yuswanto Ardi, Kasdim 0732/Sleman Mayor Arm Ronang S, Kajari Sleman Widagdo, serta Ketua PN Sleman Warijuniati. Hadir pula perwakilan dari Disperindag Sleman, para Pasi serta Danramil jajaran Kodim 0732/Sleman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Karya Bakti Kodim 0732/Sleman Wabup Sleman Danang Maharsa Pasar Gamping