Antisipasi Kenaikan Permintaan LPG, Pertamina Malang Berikan Tambahan 8 Persen

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 Maret 2024 13:45 22 Mar 2024 13:45

Thumbnail Antisipasi Kenaikan Permintaan LPG, Pertamina Malang Berikan Tambahan 8 Persen Watermark Ketik
Sales Branch Manager Pertamina Wilayah Malang Raya, Choerul Anwar. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pertamina Fuel Terminal Malang telah mengantisipasi adanya kenaikan terhadap permintaan LPG di masyarakat. Menjelang lebaran nanti dilakukan penambahan distribusi LPG sebanyak 8 persen.

Sales Branch Manager Pertamina Wilayah Malang Raya, Choerul Anwar menjelaskan sejauh ini belum ditemukan isu kelangkaan LPG di masyarakat. Kendati demikian antisipasi tetap dilakukan dengan rutin menambah kapasitas pendistribusian.

"Nanti menjelang Idul Fitri akan kita beri tambahwan. Kalau LPG kenaikannya bisa sampai puncak tertinggi tahun ini prediksi kami sebesar 8 persen," ujar Anwar, Jumat (22/3/2024).

Sebelumnya antisipasi kelonjakan permintaan juga telah dilakukan oleh Pertamina Malang. Pada awal puasa lalu Pertamina Malang telah memberikan tambahan distribusi LPG ke masyarakat sebesar 4 persen.

"Kita sudah mengantisipasi kenaikan permintaan dari awal sebelum puasa sudah kita berikan tambahan sekitar 4 persen. Itu sudah kita berikan secara proposional setiap hari. Sejauh ini juga gak ada isu di lapangan," tambahnya.

Anwar menjelaskan bahwa jumlah tersebut meningkat dari kuota bulanan. Menurutnya penambahan 4 persen tersebut setara dengan sekitar 123 metrik ton per bulan.

"Kalau 4 persen itu sekitar 123 metrik ton sebulan. Nanti konversinya kalau dijadikan tabung itu 123 dikali 1000 dan dibagi 3 itu nanti konversinya dapat tabung," lanjutnya.

Jumlah tersebut dinilai cukup signifikan untuk memenuhi kebutuhan LPG bargi masyarakat Malang Raya. Terlebih kebutuhan LPG masyarakat mencapai 115 ton per hari atau sekitar 2500 ton per bulan.

"Dalam sebulan Malang Raya butuh rata-rata per hari 115 ton, kalau sebulan sekitar 2500 ton. Insyaallah kita pastikan aman untuk LPG Malang Raya," tutupnya.(*)

Tags:

Pertamina Fuel Terminal Malang Ketersediaan LPG LPG Kota Malang LPG Malang Raya Kebutuhan LPG Jelang Lebaran Kota Malang