Bahagianya Warga Cangkring Terima Renovasi Rumah dari Pemkab Sidoarjo

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2023 23:30 19 Sep 2023 23:30

Thumbnail Bahagianya Warga Cangkring Terima Renovasi Rumah dari Pemkab Sidoarjo Watermark Ketik
Agus bersama istri dan anak terakhir berada di teras rumahnya yang akan mendapatkan bantuan renovasi RTLH dari Pemkab Sidoarjo.

KETIK, SIDOARJO – Wujudkan kesejahteraan yang merata bagi warganya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali salurkan bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dusun Bengok, Desa Cangkring, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, pada Selasa (19/9)2023).

Agus Suyanto hanya bisa menatap haru saat rombongan Wakil Bupati Sidoarjo Ahmad Subandi bersama anggota Komisi A DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori mendatangi rumahnya. Subandi memang sengaja mendatangi rumah warga ini setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kondisi rumah Agus.

"Kami dapat laporan, lalu kami lakukan cek langsung ke lapangan, dan melihat kondisi RTLH ini, kami bekerjasama dengan Baznas Sidoarjo akan memberikan bantuan senilai Rp. 20 juta untuk perbaikan rumah ini," ucap Subandi saat berada di lokasi.

Selain bantuan dari Pemkab, Subandi berharap agar pihak Pemerintah Desa yang dipimpin oleh Singgih Sujatmiko juga turut serta membantu. Tidak harus bantuan materi, tapi bisa bentuk lain, misal tenaga untuk membangun rumah.

"Hal tersebut dilakukan agar dapat menciptakan kondisi yang guyup rukun di lingkungan Desa Cangkring," lanjutnya.

Tak bisa berkata banyak, Agus yang kesehariannya merupakan karyawan produsen krupuk hanya bisa mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pemkab Sidoarjo. Terlebih penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami dengan senang hati menerima bantuan bedah rumah dari Pemkab Sidoarjo. Bantuan ini akan sangat membantu kami dalam meningkatkan kondisi hunian kami yang memang saat ini kurang layak," ujar Agus di rumahnya.

Foto Wabup Sidoarjo, Subandi saat berkomunikasi dengan pemilik rumah yang masuk dalam kategori RTLH.Wabup Sidoarjo, Subandi saat berkomunikasi dengan pemilik rumah yang masuk dalam kategori RTLH.

Agus, didampingi istri Kartiningsih, mengaku dirinya hidup di rumah ini berempat bersama kedua anaknya. Anak yang pertama sudah menikah dan tinggal bersama pasangannya, anak yang kedua masih kelas 1 SMP dan yang kecil masih berumur 2,5 tahun.

"Hasil sebagai buruh cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari mas, dengan dibantu istri jualan jajanan di belakang sekolah SD dekat tempat tinggal," keluhnya.

Agus, pemilik rumah tak layak huni tersebut akan menjaga sebaik-baiknya terhadap bantuan bedah rumah nanti.

"Usai dilakukan bedah rumah nanti akan kami jaga serta manfaatkan dengan sebaik-baiknya," janji Agus.

Untuk diketahui, Agus bersama istri yakni Kartiningsih hingga sekarang juga mendapatkan bantuan dari Pemdes Cangkring dari PKH, BPNT, dan KIS. (*)

Tombol Google News

Tags:

RTLH Subandi Wabup Sidoarjo Cangkring Krembung Renovasi rumah Rumah Tidak Layak Huni Baznas