Bangun Data Base Calon Mustahik, BMK Abdya Bina Cara Kelola BMG

Editor: Cutbang Ampon

3 September 2024 10:30 3 Sep 2024 10:30

Thumbnail Bangun Data Base Calon Mustahik, BMK Abdya Bina Cara Kelola BMG Watermark Ketik
Salman Syarif, Komisioner Baitul Mal Kabupaten Abdya yang membidangi Divisi Kelembagaan, Data dan Teknologi Informasi, memberikan materi terkait tata cara pendataan calon mustahik kepada pengelola BMG se Kecamatan Setia, Senin, 2 September 2024. (Cutbang Ampon/Ketik.co.id).

KETIK, ACEH BARAT DAYA – Badan Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, melakukan pembinaan terhadap pengelola Baitul Mal Gampong (BMG) se Kecamatan Setia.

Pembinaan yang dibalut dengan kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka menyamakan tata cara dan pendataan calon mustahik.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Serbaguna Rambong dan dibuka langsung oleh Camat Setia, Raifin itu, dihadiri oleh seluruh pengurus Baitul Mal Gampong dalam kecamatan Setia.

Dalam penyampaian materinya, Salman Syarif mengatakan, kehadiran BMG di Abdya, katanya, adalah tindak lanjut dari Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2021 perubahan atas Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal.

"BMG merupakan lembaga Amil di tingkat Gampong, wajib berkoordinasi dengan Baitul Mal Kabupaten terkait pengelolaan zakat di gampong," ujar Salman, Selasa, 3 September 2024.

Menurut Salman, penyaluran zakat di BMK Abdya tetap mengedepankan 8 Senif sebagaimana terdapat dalam surat At-Taubah, ayat 60, bahwa kategori penerima zakat terdiri dari, senif fakir, miskin, amil, ibnu sabil, fisabilillah, mualaf, gharimin dan riqab.

Sementara dalam kegiatan sosialisasi ini, yang ditekankan bagi pengelola BMG hanya membangun data base calon mustahik dari senif fakir dan miskin.

"Untuk pengelola Baitul Mal Gampong ini, yang kita tekankan adalah adanya data base calon mustahik dari senif fakir dan miskin," terang Salman.

Kemudian data calon mustahik miskin dan fakir yang telah terdata dalam Si Zakki harus dilakukan pemutakhiran selama dua kali setahun.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Pisang, Dalwi, menyambut baik kehadiran BMG, ia juga berharap agar ke depan pengelola BMG ini mendapat perhatian serius dari pemerintah berupa adanya pemberian insentif khusus.

"Kita apresiasi keberadaan BMG ini, setidaknya mereka dapat meminimalisir adanya data siluman. Dan kalau seandainya dalam Perpub prioritas penggunaan dana desa ada dituangkan insentif mereka, kami selaku keuchik tentunya tidak bisa menolak untuk membayar insentif tersebut," tegasnya.

Selain Salman Syarif, hadir juga dalam kegiatan sosialisasi itu, Asmaul Husna dan Tgk Hirman selaku Komisioner Baitul Mal Abdya, Camat Setia, Raifin, dan seluruh keuchik dalam Kecamatan Setia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bmk abdya Aceh Barat Daya calon mustahik abdya Aceh