Bawaslu Bondowoso Lantik 69 Panwascam Pilkada, 27 di Antaranya Anggota Baru

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

25 Mei 2024 08:10 25 Mei 2024 08:10

Thumbnail Bawaslu Bondowoso Lantik 69 Panwascam Pilkada, 27 di Antaranya Anggota Baru Watermark Ketik
Ketua Komisioner Bawaslu Bondowoso Nani Agustina melantik 69 anggota Panwascam Pemilukada 2024 (24/5/2024) (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bondowoso melantik dan mengambil sumpah janji kepada sebanyak 69 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Aula Hotel Palm, Jumat (24/5/2024).

Sebanyak 27 orang di antaranya merupakan Panwascam baru yang lulus seleksi menggantikan anggota sebelumnya yang masuk dalam daftar eksisting evaluasi.

Ketua Komisioner Bawaslu, Nani Agustina, mengatakan, menjadi anggota Panwascam dituntut untuk memahami tugas, wewenang, dan kewajiban yang diatur dalam Undang-undang.

Karena itulah, dirinya meminta agar semua anggota yang telah dilantik ini memiliki komitmen dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Jangan ada persaingan. Kerja tim secara kolektif kolegial. Karena kerja tim merupakan kunci suksesnya Pilkada 2024,” katanya.

Menurutnya, tugas pertama yang menanti yaitu mereka akan melakukan pengawasan terhadap tahapan perseorangan yang nantinya dimulai dengan verifikasi administrasi dan faktual.

“Verifikasi adminitrasi dulu baru kemudian verifikasi faktual,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, melalui Plt Asisten 1 Pemkab Bondowoso, Anissatul Hamidah, mengucapkan selamat pada seluruh anggota Panwascam yang baru saja dilantik.

“Kita semua tahu bahwa tugas adalah amanah anggota Panwascam sangatlah besar,” ujarnya.

Ia menerangkan, Pemilu adalah pondasi penting bagi kehidupan bangsa ini. Karena itu, peran Panwascam memiliki peran yang sangat penting juga dalam mengawal terlaksananya Pemilukada yang jujur, adil, dan demokratis.

“Kami yakin anggota semua bisa dan mampu melaksanakan tugas ini,” terangnya.

Ia pun meminta agar dalam pelaksanaan tugas nanti, pengawas dapat bekerja dengan penuh integritas, profesional dan independensi.

Selain itu, pentingnya mengingatkan koordinasi dan sinergitas antara Panwascam dengan seluruh penyelenggara Pemilu hingga pemerintah daerah,  TNI-Polri.

Tampak tak hanya anggota Panwascam yang baru dilantik saja yang hadir. Seluruh camat juga terlihat hadir dalam acara tersebut. (*)

Tags:

Bondowoso #BawasluBondowoso Pilkada bondowoso Pilkada 2024 Bawaslu Bondowoso PANWASCAM