Bekali PPS dan PPK Bimtek, KPU Jember: KPPS Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

23 Januari 2024 09:46 23 Jan 2024 09:46

Thumbnail Bekali PPS dan PPK Bimtek, KPU Jember: KPPS Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu Watermark Ketik
Ratusan PPS dan PPK mengikuti bimtek training trainer untuk pembekalan KPPS se-Kabupaten Jember, Selasa (23/1/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember memberi pembekalan kepada ratusan penyelenggara pemilu di salah satu aula hotel pada Selasa (23/1/2024). Hal itu perlu dilakukan karena ada beberapa aspek teknis dalam pemilu kali ini yang perlu disesuaikan.

Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin mengatakan tujuan dalam rapat koordinasi dan training of trainer ini adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM terkait kepemiluan 2024. “Ujung tombak keberhasilan pemilu berada di tangan lini terbawah yaitu KPPS,” ujar Syaiin.

Para peserta yang terdiri dari PPK dan PPS ini nantinya diharapkan dapat melakukan transfer knowledge kepada petugas adhoc di tingkat bawah, yakni KPPS. Terkait ada beberapa perubahan dari aspek teknis yang perlu disesuaikan kepada para penyelenggara untuk penguatan SDM.

“Beberapa aspek teknis yang perlu penyesuaian diantaranya bagaimana pengisian form-form yang mungkin ada ketidaksamaan dengan pemilu sebelumnya,” imbuhnya.

Peserta pembekalan dalam koordinasi Bimtek kali ini berjumlah 899 orang yang terdiri dari 744 PPS dan 155 PPK se kabupaten Jember dari 31 kecamatan, 248 desa dan kelurahan.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPPS Bimtek PPK PPS pemilu2024 KPU Jember Jember