Belasan Hewan Kurban Disembelih di Masjid Al-Falaq Simeulue Aceh

Jurnalis: Helman Gusti Fandaya
Editor: Cutbang Ampon

17 Juni 2024 14:11 17 Jun 2024 14:11

Thumbnail Belasan Hewan Kurban Disembelih di Masjid Al-Falaq Simeulue Aceh Watermark Ketik
Panitia kurban Masjid Al-Falaq saat akan membagi daging kurban kepada warga (Helman/Ketik.co.id)

KETIK, SIMEULUE – Pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, panitia kurban Masjid Al-Falaq, Desa Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Simeulue, Aceh, menyembelih sebanyak 12 hewan kurban, Senin (17/6/2024).

"Alhamdulillah tahun ini panitia kurban Masjid Al-Falaq menyembelih sembilan ekor kerbau, satu ekor sapi, dan dua ekor kambing," kata Ketua Panitia, Agam Becu kepada Ketik.co.id di lokasi.

Menurutnya, makna kurban sendiri tentunya mengajarkan untuk senantiasa ikhlas dan dapat berbagi dengan sesama, bahkan hal itu juga telah dijelaskan di dalam Al-Qur'an surat Al-Kautsar ayat 2.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun Suka Makmur dan Damai Makmur, Desa Sinabang dan para dermawan yang telah mempercayakan kurbannya kepada panitia di Masjid Al-Falaq," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap agar tingkat partisipasi masyarakat untuk berkurban dapat terus meningkat setiap tahunnya.

“Yang sudah rutin berkurban semoga tetap dipertahankan, kemudian yang belum berkurban memiliki rezeki lebih sehingga partisipasi warga untuk berkurban lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sinabang, Novian SE. Disebutkan bahwa, penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar berkat kerjasama semua pihak dan khususnya seluruh panitia kurban.

“Dengan berkurban ini tentunya sebagai ibadah kita kepada Allah, juga meningkatkan ketakwaan dan keikhlasan kita. Semoga apa yang kita kurbankan ini sama besarnya dengan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS," tutur Kades Sinabang Novian.

Novian menambahkan kegiatan ini dapat menjadi ajang mempererat silaturahmi antar warga serta menjaga kekompakan dan kerja sama. Kepala Desa Sinabang juga berharap agar kegiatan berkurban di Masjid Al-Falaq ini dapat terus terlaksana di Idul Adha selanjutnya, serta jumlah hewan kurban semakin meningkat disertai dengan keimanan yang juga meningkat pula.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan pukul 09.00 WIB usai salat Ied. Warga Dusun Suka Makmur dan Damai Makmur Desa Sinabang berbondong-bondong datang ke Masjid Al-Falaq dalam pelaksanaannya, baik anak-anak maupun lansia, pria dan wanita.

Pembagian daging hewan kurban dapat terlaksana sekitar pukul 14.00 WIB, dan dibagikan kepada masyarakat di Dusun Suka Makmur dan Damai Makmur Desa Sinabang melalui kepala dusun masing-masing. (*)

Tags:

idul adha 1445 H Sinabang Kurban Simeulue Aceh
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1