Benarkah Nanas Penyebab Keputihan? Jawabannya Mengejutkan

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

5 Juni 2023 17:18 5 Jun 2023 17:18

Thumbnail Benarkah Nanas Penyebab Keputihan? Jawabannya Mengejutkan Watermark Ketik
Nanas kerap dituding sebagai biang kerok kesehatan organ wanita. (Foto: Awakened Women)

KETIK, JAKARTA – Nanas merupakan salah satu buah tropis yang kaya manfaat. Salah satu kandungan buah ini adalah bromelin. Kandungan ini diketahui membantu mencegah peradangan, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker.

Buah ini kerap dikonsumsi dalam berbagai hidangan seperti salad, jus, cocktail, selai, hingga dijadikan rujak. Buah dengan nama latin ananas comosus kerap dijadikan garnish makanan maupun minuman.

Sayangnya nanas dituding biang keladi gangguan kesehatan organ wanita. Nanas dianggap penyebab keputihan, gatal pada miss V (vagina), gangguan menstruasi, menghambat kesuburan, aroma tidak sedap, perut kembung, sampai keram perut.

Berdasarkan kajian ilmiah, keputihan bisa disebabkan proses alamiah di dalam tubuh untuk membersihkan miss V. Lendir keputihan berfungsi menghindari terjadinya infeksi dan mencegah iritasi serta menjaga tingkat keasaman. Ada anggapan jika cairan yang melebihi dianggap tidak normal.

Keputihan pada wanita yang sudah berhubungan seksual berbeda dengan yang belum sama sekali. Sebetulnya keputihan merupakan proses alami produksi cairan yang melebihi normal.

Hingga saat ini masih banyak yang percaya nanas mengganggu kesehatan intim wanita. Padahal belum ada penelitian sebagai bukti nanas menyebabkan keputihan pada wanita.

Ada pula anggapan nanas bisa menghambat kesuburan. Namun anggapan ini dibantah lantaran belum ada pembuktian berdasarkan penelitian.

Demikian juga dengan aroma miss V dipengaruhi oleh buah warna kuning ini. Sebetulnya aroma itu dipengaruhi oleh konsumsi makanan gaya pola hidup. Miss V yang sehat apabila memiliki pH asam yang sesuai.

Koloni bakter baik di sekitar miss V berperan menjaga infeksi organ intim. Sama seperti anggapan di atas, aroma miss V tidak dipengaruhi konsumsi nanas.

Sebagai catatan, mengonsumsi nanas baiknya dalam jumlah normal agar memenuhi kebutuhan nutrisi. Makanan mengandung asam folat, vitamin C, dan vitamin E bisa mendukung kesuburan.

Tombol Google News

Tags:

nanas buah tropis kesehatan intim miss V kesehatan wanita