Berbahaya, Jangan Campurkan Bahan Ini dengan Retinol Agar Kulit Tidak Iritasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

9 Desember 2023 08:23 9 Des 2023 08:23

Thumbnail Berbahaya, Jangan Campurkan Bahan Ini dengan Retinol Agar Kulit Tidak Iritasi Watermark Ketik
Ilustrasi skin care. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Retinol dikenal sebagai salah satu kandungan dalam skin care yang memiliki banyak manfaat. Seperti mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kerutan, jerawat, hingga hiperpigmentasi.

Retinol juga memiliki khasiat untuk menunda tanda penuaan. Oleh sebab itu, kebanyakan kandungan retinol diperuntukkan bagi orang dengan usia di atas 30 tahun.

Namun ibarat koin bermata dua, di balik khasiatnya yang baik untuk kulit, ternyata retinol bisa menyebabkan kerusahan kulit bila digunakan dengan cara yang salah. Karena itu, penting untuk tahu apa saja kandungan skin care yang tidak boleh dicampur dengan retinol.

Berikut ini adalah berbagai macam kandungan di produk perawatan kulit yang tidak boleh dikombinasikan dengan retinol.

1. Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA)

Retinol memiliki sifat eksfoliator yang mempercepat regenerasi kulit sehingga mencegah penuaaan dini. Hal tersebut sama dengan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA) yang juga memiliki sifat eksfoliator dengan cara mengangkat lapisan sel kulit mati.

Jika digunakan bersamaan, maka akan membuat kulit menjadi iritasi, tipis dan kering, yang nantinya berujung pada kemerahan, pengeluapasn kulit berlebih, dan meningkatkan sesitivitas. 

2. Vitamin C

Retinol dan Vitamin C sama sama memiliki kandungan antioksidan, tetapi cara kerjanya berbeda. Retinol bekerja pada ph rendah, sementara vitamin C pada ph tinggi.

Saat mencampurkan kedua kandungan tersebut akan mengurangi efektivitasnya dalam menutrisi kulit. Selain itu akan muncul ketidakstabilan yang memicu iritasi dan oksidasi.

3. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide merupakan kandungan yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Jika dicampur dengan retinol, Benzoyl Peroxide akan menyebabkan reaksi negatif yang akan membuat kulit kulit kering, mengelupas, dan terasa terbakar.

Apabila membutuhkan keduanya, gunakan benzoyl peroxide pagi hari dan retinol di malam hari.

4. Salicylic Acid

Salicylic Acid memiliki sifat eksfoliator yang sama dengan AHA dan BHA. Namun walaupun tidak sekuat kedua bahan tersebut, tetap saja menggabungkan Salicylic Acid dengan akan menyebabkan iritasi pada kulit. 

Pilih produk persentase salicylic acid yang rendah dan gunakan secara bergantian dengan retinol.

5. Niacinamide

Niacinamide dapat menurunkan efektivitas dari retinol jika dikombinasikan secara bersamaan. Akan tetapi kandungan ini masih terhitung aman untuk kulit karena tidak menimbulkan iritasi.

Mungkin ada baiknya digunakan secara terpisah. Seperti niacinamide di pagi hari dan retinol di malam hari.(*)

Tags:

Skin care retinol kombinasi Iritasi niacinamide AHA BHA