Berhasil Berdayakan Pesisir, Khofifah Raih PWI Maritime Awards

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

17 Februari 2023 08:59 17 Feb 2023 08:59

Thumbnail Berhasil Berdayakan Pesisir, Khofifah Raih PWI Maritime Awards Watermark Ketik
Khofifah menerima penghragaan PWI Maritime Awards yang diserahkan langsung oleh Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim. ( Foto : Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas lautan, sudah sepatutnya kelestarian laut menjadi perhatian pemerintah. Dengan laut yang terjaga maka hasil perikanan juga akan melimpah dan sektor kelautan dapat membawa manfaat perekonomian bagi banyak pihak.

Seperti yang dilakukan oleh Pemprov Jatim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan yang terus melakukan berbagai upaya terutama dalam menghadapi perubahan iklim global dan degradasi sumber daya pesisir. Seperti penetapan kawasan konservasi Perairan Gili Ketapang seluas 478 Ha, rehabilitasi terumbu karang seluas 24,84 Ha, rehabilitasi mangrove seluas 1.821,08 Ha, dan pembangunan 11 tangkis laut (tanggul penahan ombak).

Gubernur Khofifah mengatakan, saat ini terdapat berbagai isu strategis di bidang kelautan dan perikanan. Seperti perubahan iklim global dan degradasi sumber daya  pesisir, konflik pemanfaatan ruang laut, serta belum optimalnya pemahaman stakeholders  terhadap kepastian hukum.

“Sejatinya laut adalah sumber penghidupan yang harus kita kelola dan jaga untuk kemakmuran bersama.  Bagaimana menjaga keberlangsungan sektor perikanan dan kelautan harus tetap seiring dengan upaya menjaga daya dukung alam dan daya dukung lingkungan,” katanya.

Selain itu, Diskanla juga telah melakukan berbagai upaya seperti Underwater Restocking yakni penebaran benih ikan ke dalam rumah ikan yang ditenggelamkan ke dasar laut tiga bulan sebelumnya, sehingga benih ikan bisa berkembang biak dan besar dalam rumah ikan yang telah dipenuhi lumut atau tritip dan plankton sebagai sumber makanan benih ikan. Serta program Beach Clean Up dan kegiatan penebaran benih-benih ikan lokal di berbagai daerah.

“Kami juga terus melakukan legalitas pemanfaatan ruang laut sebanyak 76 dokumen, pengadaan sarana prasarana berupa 16 kapal, rutin melakukan patroli bersama Polairud dan TNI AL, serta melakukan sosialisasi kepada stakeholders yang memanfaatkan ruang laut,” katanya.

Foto Wilayah laut Indonesia. ( Foto : Stijn / Pexels )Wilayah laut Indonesia. (Foto: Stijn/Pexels)

Menurutnya, upaya menjaga daya dukung alam dan lingkungan saat ini menjadi penting. Apalagi saat ini green economy (ekonomi hijau)  telah bertransformasi menuju blue economy.( ekonomi biru). Ekonomi hijau  merupakan upaya mengelola ekonomi dengan limbah yang ramah linkungan tetapi ekonomi biru bagaimana mengelola ekonomi dengan nirlimbah (tanpa limbah).

Blue economy atau ekonomi biru adalah konsep yang harus kita kembangkan saat ini maupun yang akan datang. Konsep blue economy di sektor laut adalah pemanfaatan laut untuk ekonomi masyarakat tapi tidak merusak lingkungan sehingga berkelanjutan atau sustainable,” katanya.

Atas perhatian dan dedikasinya yang besar terhadap sektor kelautan, Khofifah berhasil meraih penghargaan ‘PWI Maritime Awards’ dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim yang mewakili Ketua PWI Pusat kepada Gubernur Khofifah saat penutupan Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut Provinsi Jatim di Hotel Platinum Surabaya, Kamis (16/2) sore.

Atas diraihnya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasinya bagi seluruh masyarakat nelayan dan pelaku ekonomi di wilayah pesisir Jatim. Menurutnya, mereka memiliki peran kuat dalam mewujudkan pembangunan dan peningkatan kualitas sektor perikanan, kelautan.(*)

Tombol Google News

Tags:

PWI Pemprov Jatim Khofifah Kelautan Perikanan Pesisir Lingkungan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1