Bersama Masyarakat, TNI-Polri Bersihkan Lokasi Longsor di Wagir Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

28 Februari 2024 08:02 28 Feb 2024 08:02

Thumbnail Bersama Masyarakat, TNI-Polri Bersihkan Lokasi Longsor di Wagir Kabupaten Malang Watermark Ketik
TNI, Polri bersama masyarakat memberikan lokasi longsor di Wagir, Kabupaten Malang. (Foro : Humas Polres Malang).

KETIK, MALANG – Kolaborasi apik terus dilakukan TNI-Polri bersama masyarakat di Kabupaten Malang. Salah satunya bergotong royong membersihkan lokasi tanah longsor di jalan penghubung Desa Dailsodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Rabu (28/2/2024).

Kegiatan ini dilakukan untuk membuka akses jalan yang terhambat oleh material longsor. Proses evakuasi tanah longsor dipimpin Kapolsek wagir AKP Ronny margas yang melibatkan personel Polsek Wagir dan Koramil Wagir. 

Dalam proses evakuasi tersebut, masyarakat setempat dan relawan juga turut andil untuk memastikan keberhasilan pembersihan material yang menutup badan jalan.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menyatakan bahwa Polres Malang telah berkoordinasi dengan Pemkab Malang untuk mendukung pelaksanaan pembersihan material tersebut. 

Pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat berat dan peralatan siaga bencana yang dibawa  personel gabungan. "Dengan dukungan dari TNI, relawan, dan warga, kami berhasil melakukan evakuasi material yang menutup badan jalan akibat tanah longsor di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir," ujar Ipda Dicka.

Ia menambahkan, bahwa jalan yang sebelumnya tidak dapat dilalui karena tertutup oleh material lumpur dan batu, kini sudah bisa dilewati oleh kendaraan setelah kegiatan evakuasi selesai dilaksanakan.  

"Upaya bersama ini berhasil memulihkan akses jalan yang terdampak, serta memberikan peringatan penting kepada seluruh warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam," kata Perwira Pertama atau Pama kepolisian dengan satu strip balok di pundaknya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca, khususnya curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut. 

Pihaknya tak lupa mengingatkan agar seluruh warga memperhatikan perjalanan mereka dan berhati-hati terutama di daerah rawan tanah longsor.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menjauhi kawasan yang memungkinkan akan terjadi tanah longsor. Tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana tanah longsor," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polre Malang Kabupaten Malang tanah longsor bencana alam