BI Jember Sediakan Penukaran Uang di Area Mudik Pelabuhan Jangkar Situbondo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Naufal Ardiansyah

23 Maret 2024 17:51 23 Mar 2024 17:51

Thumbnail BI Jember Sediakan Penukaran Uang di Area Mudik Pelabuhan Jangkar Situbondo Watermark Ketik
BI Perwakilan Jember ketika melayani penukaran uang di Pasar Mimbaan Situbondo beberapa hari lalu (23/03/2024). (Foto: Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Bank Indonesia (BI) Jember sejak tanggal 15 Maret 2024 meluncurkan program penukaran uang pada momentum ramadan dan ldul Fitri 1445 H yang dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldul Fitri (SERAMBI) 2024.

Pada tahun ini penguatan program penukaran uang ada penambahan nominal paket penukaran uang menjadi Rp 4 juta per paket, modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR yang bertujuan untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran uang.

Keterangan yang disampaikan Gunawan, Pimpinan Bank Indonesia perwakilan Jember menjelaskan, dalam rangka mendukung program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldul Fitri tahun 2024 serta memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, dan jenis pecahan yang sesuai dengan kondisi uang layak edar, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekerjasama dengan perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp1.990.477.000.000,- (satu triliun sembilan ratus sembilan puluh milyar empat ratus tujuh puluh tujuh juta rupiah).

Sedangkan, jumlah proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya ldul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan di wilker KpwBI Jember sebesar Rp1 .964.699.000.000,- (satu triliun sembilan ratus enam puluh empat milyar enam ratus sembilan puluh sembilan juta rupiah).

Gunawan mengatakan, layanan pemenuhan uang layak edar itu, tersebar di wilayah Kabupaten Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Banyuwangi.

“Kas keliling dalam kota dan luar kota juga digencarkan selama ramadan hingga menjelang ldul Fitri tahun 2024. Kas Keliling ini diagendakan pada area mudik termasuk di Pelabuhan Jangkar Situbondo yang akan dilaksamakan pada tanggal 4 April 2024,” tegas Gunawan, Sabtu (23/03/2024)

Sementara itu, kata Gunawan, agar masyarakat yang akan melakukan penukaran uang dengan mudah, maka KPwBI Jember menyediakan pesanan melalui aplikasi PINTAR pada alamat https://pintar.bi.go.id. (*)

Tombol Google News

Tags:

BI Jember Sediakan Penukaran uang di Area Mudik Pelabuhan Jangkar situbondo