[Breaking News] Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Hari Ini, Cek Profilnya!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

11 September 2024 07:27 11 Sep 2024 07:27

Thumbnail [Breaking News] Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Hari Ini, Cek Profilnya! Watermark Ketik
Potret Saifulah Yusuf atau Gus Ipul. (Foto: Instagram @gusipul_id)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Saifulah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial pada Rabu 11 September 2024 di Istana Negara Jakarta.

"Hari ini, hari Rabu, 11 September 2024, pukul 09.00 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik Bapak Saifulah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat.

Menanggapi kabar tersebut, Gus Ipul mengungkapkan rasa terima kasih dan memohon doa agar sukses menjalankan amanah baru menjadi Menteri Sosial di sisa masa jabatan sebagai Mensos.

"Terima kasih, mohon doanya semuanya lancar bisa menjalankan amanah, sukses bisa membantu Pak Presiden di sisa akhir jabatannya," tulisnya saat dihubungi Ketik.co.id

Saifulah Yusuf menggantikan posisi Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Risma resmi mengajukan pengunduran diri karena maju sebagai calon gubernur Jawa Timur.

Profil Singkat Gus Ipul

Gus Ipul adalah panggilan akrab untuk Saifullah Yusuf, seorang politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode (2009-2019).

Ia lahir pada 28 Agustus 1964 dan merupakan cucu dari tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU), KH. Bisri Syansuri.

Sebelum menjadi Wakil Gubernur, Gus Ipul juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal pada kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Gus Ipul dikenal aktif di organisasi NU dan berbagai kegiatan sosial serta kemasyarakatan.

Pada tahun 2020, Gus Ipul terpilih menjadi Wali Kota Pasuruan. Kiprahnya di dunia politik cukup panjang, dengan fokus pada pengembangan masyarakat, pendidikan, dan keagamaan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Presiden Joko Widodo Saifulah Yusuf Gus Ipul Gus Ipul jadi Mensos Tri Rismaharini Profil Gus Ipul