KETIK, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp24,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, atau biasa disebut Nataru.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu alokasi dana yang disiapkan lebih kecil yang mana pada 2023 dana yang disediakan mencapai 25,2 triliun.
Adanya selisih tersebut sejalan dengan evaluasi kebutuhan dan penguatan transaksi digital.
Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa mengatakan dana tersebut disiapkan untuk keperluan transaksi para nasabah selama periode Nataru antara 25 Desember 2024 sampai 1 Januari 2025 atau sebanyak 8 hari.
Penurunan yang terjadi karena semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan transaksi digital untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Hal tersebut tercermin melalui penurunan transaksi tarik tunai di mesin ATM/CRM BRI sepanjang 2024 sebesar 10 persen secara year-on-yyear (YoY).
"Kami melihat peningkatan adopsi digital banking yang signifikan, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit menurun," kata Nyoman dalam keterangan tertulis, Kamis 12 Desember 2024.
"Namun, kami tetap mengutamakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang memiliki tradisi libur natal," imbuhnya.
Lebih lanjut, dari total dana Rp24,6 triliun, 63 persen di antaranya atau sebesar Rp15,6 miliar akan didistribusikan untuk mengisi mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia.
Sementara itu, sisanya sebesar Rp9 triliun digunakan untuk kebutuhan kantor cabang, termasuk layanan kas keliling dan penyediaan uang tunai di daerah terpencil.
"Tercatat BRI memiliki lebih dari 721 ribu jaringan e-channel hingga akhir September 2024, yang terdiri dari 700 ribu EDC, 12 ribu mesin ATM dan 9 ribu mesin CRM," tambahnya.
Di sisi lain, BRI memastikan bahwa layanan perbankan, baik tunai maupun non-tunai, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat selama periode Nataru. Nasabah dapat memanfaatkan super app BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur terus dioptimalkan dengan teknologi terbaru untuk menjamin kemudahan dan keamanan transaksi.
Masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan 1 juta AgenBRILink yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Agen ini untuk melayani kebutuhan transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan, transfer antarbank, pembelian pulsa serta transaksi perbankan lainnya.
“AgenBRILink adalah salah satu ujung tombak kami untuk menghadirkan layanan keuangan yang inklusif. BRI berharap dapat memberikan pengalaman layanan perbankan yang optimal di momen akhir tahun," pungkasnya. (*)