Bupati Lumajang Fasilitasi Sambungan Air di Desa Jatisari Tempeh

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

19 Agustus 2023 15:12 19 Agt 2023 15:12

Thumbnail Bupati Lumajang Fasilitasi Sambungan Air di Desa Jatisari Tempeh Watermark Ketik
Bupati Lumajang Thoriqul Haq melongok sumur warga Desa Jatisari, Kecamatan Tempeh yang mengering. (Foto: Diskominfo Kabupaten Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Akibat kekeringan yang melanda Desa Jatisari Kecamatan Tempeh, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq turun tangan untuk membantu pemasangan sambungan air minum dari Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mahameru.

Dalam kunjungan ke Desa Jatisari pada Sabtu (19/8/2023) Bupati Lumajang didampingi Direksi Perumdam Tirta Mahameru Khoirul Anam.

Bupati mengatakan, biaya pemasangan baru biasanya Rp 1 juta, namun untuk masyarakat Jatisari hanya dikenakan Rp 500 ribu.

"Untuk masyarakat di desa ini pihak Perumdam hanya menetapkan biaya Rp 500 ribu. Jumlah itu kita kurangi dengan bantuan dari Baznas Rp 250 ribu. Jadi warga di sini cukup membayar Rp 250 saja," kata Bupati Lumajang.

Berkurangnya air bersih di desa karena banjir Juni lalu. Kawasa sungai tergerus banjir, permukaan air menurun, dan sumur milik warga mengering.

"Sebelumnya desa ini memiliki kecukupan air, karena air bawah tanah dan permukaan sungainnya masih normal. Begitu banjir, air permukaannya turun jadi sungainya sekarang kering," kata Bupati Thoriqul Haq.

Selama proses pemasangan jaringan air minum tersebut Pemkab Lumajang akan melakulan suplay air ke Desa Jatisari. Harapannya kebutuhan air untuk kebutuhan sehari-hari warga tercukupi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Lumajang Thoriqul Haq Desa Jatisari Kekeringan Perumdam Mahameru