Cara Merawat Mobil 4WD Agar Awet

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Desember 2023 07:50 6 Des 2023 07:50

Thumbnail Cara Merawat Mobil 4WD Agar Awet Watermark Ketik
Ilustrasi mobil 4WD. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Mobil Four Wheel Drive (4WD) dikenal sebagai mobil yang memiliki ketangguhan luar biasa di jalanan. Hal ini tak lain karena mobil ini memiliki sistem penggerak yang disalurkan secara merata di empat rodanya yakni dua ban di depan dan dua ban di belakang. 

Mobil jenis ini sangat tangguh saat dikendarai di berbagai medan, baik di aspal maupun jalanan tanah berbatu yang ada di pegunungan. Akan tetapi dibalik ketangguhannya mobil 4WD tetap memerlukan perawatan berkala untuk menjaga performanya tetap stabil.

 

1. Kenali kendaraan dengan baik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kendaraan 4WD. Bagi pemilik kendaraan hal ini sangat penting karena dengan memahami kendaraan, anda dapat mengidentifikasi kebutuhan perawatan yang diperlukan dan bagaimana memantau kondisinya.

 

2. Mengganti pelumas secara rutin

Sudah bukan rahasia lagi rasanya jika mengganti pelumas secara rutin merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan. Tidak hanya bagi kendaraan 4WD, tetapi juga semua kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda 4. 

Pelumas ini diperlukan untuk melumasi mesin yang saling bergesekan agar mesin tidak rusak. Disarankan untuk mengganti pelumas dengan interval sekitar 40.000 km penggunaan atau tergantung dari seberapa seringnya mobil tersebut digunakan.

 

3. Rutin menggunakan kendaraan

Salah satu langkah perawatan yang tidak boleh dilupakan adalah selalu gunakan kendaraan secara rutin. Hal ini penting untuk menjaga komponen didalamnya tetap dapat bekerja secara baik. Namun jika kendaraan anda jarang digunakan disarankan minimal tetap menjalankannya seminggu sekali.

Langkah ini juga memastikan bahwa komponen pada penggerak mobil mendapatkan pelumasan secara merata, yang dapat mempengaruhi kinerja dan kelangsungan roda.

 

4. Menjaga kebersihan kendaraan

Kotoran yang melekat di kendaraan dapat mempengaruhi kinerjanya. Apalagi jika mobil tersebut sering digunakan di jalanan offroad yang penuh dengan lumpur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil 4WD sangatlah penting untuk memastikan perawatan yang baik bagi kendaraan Anda.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif mobil 4WD sistem penggerak offroad Perawatan ganti oli pengecekan