Cegah Longsor dan Banjir, Dandim 0823 Situbondo Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Lahan Kritis

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Muhammad Faizin

9 Maret 2024 11:30 9 Mar 2024 11:30

Thumbnail Cegah Longsor dan Banjir, Dandim 0823 Situbondo Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Lahan Kritis Watermark Ketik
Dandim 0823 Situbondo ketika menanam pohon di lahan kritis (09/03/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Untuk mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir, Kodim 0823 Situbondo bersama Pemkab Situbondo menanam ribuan pohon di lahan kritis. Penanaman lahan kritis dilakukan di daerah perbukitan Desa Wringinanom, Patemon dan Curahsurih, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Sabtu (9/3/2024).

“Dalam rangka penghijauan di lahan kritis ini sebagai upaya pelestarian lingkungan dan mengantisipasi terjadinya bencana  Hidrometeorologi, maka Kodim 0823 Situbondo bekerjasama dengan Pemkab Situbondo, menanam 10.500 bibit pohon berbagai jenis, termasuk pohon buah-buahan,” jelas Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Alexander A.B. S.E.

Luas lahan kritis yang ditanami berbagai jenis bibit pohon ini seluas 1,5 hektar. Tema yang diambil dalam kegiatan ini "Pemerintah Kabupaten Situbondo Bersama Kodim 0823 Situbondo Menyatu dengan Alam".

Lebih lanjut, Letkol Inf Alexander menjelaskan bahwa dalam melaksanakan penanaman pohon pada lahan kritis ini, melibatkan Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khorani, Kapolres Situbondo, diwakili Kompol Hariyono, S.H., BPBD Provinsi Jatim, Sekda Situbondo, Wawan Setiawan dan pihak terkait lainnya.

“Kegiatan ini salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama Kodim 0823 Situbondo untuk mengurangi resiko bencana alam tanah longsor dan banjir. Oleh karena itu, saya berharap kepada semua pihak untuk berkontribusi menanam pohon buah atau pohon kayu di lahan-lahan kritis,” pungkas Alexander. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dandim Situbondo Ajak Masyarakat Tanaman Pohon Cegah Tanah Longsor Kabupaten Situbondo situbondo Lahan kritis bencana hidrometeorologi Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi Wakil Bupati Situbondo Nyai Khorani