Cegah Penuaan Rambut dengan 4 Langkah Mudah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Maret 2024 02:15 23 Mar 2024 02:15

Thumbnail Cegah Penuaan Rambut dengan 4 Langkah Mudah Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Proses penuaan merupakan hal yang pasti terjadi pada setiap orang. Biasanya proses penuaan yang paling terlihat terjadi pada bagian kulit. Oleh sebab itu banyak orang berlomba lomba melakukan perawatan kulit untuk memperlambat proses penuaan. 

Akan tetapi ternyata, bukan hanya kulit yang bisa menunjukkan tanda penuaan. Rambut juga bisa mengalami penuaan seiring tidak hanya karena bertambahnya usia, tetapi juga banyak faktor lain yang berasal dari luar seperti polusi, paparan sinar matahari, kebiasaan styling rambut yang berlebihan, paparan bahan kimia, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Dokter spesialis dermatologi rambut dan estetika dr.Nevristia Pratama, Sp.DVE, mengatakan tanda-tanda penuaan pada rambut bukan hanya sebatas munculnya uban, tetapi banyak tanda lain seperti rambut kusam, warnanya pudar seperti menguning, lebih kering dan kasar hingga helai rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

"Kesadaran tentang kesehatan rambut memang saat ini trennya mulai meningkat, tapi masih belum banyak yang menyadari jika perawatan rambut itu penting, sama dengan perawatan wajah," jelasnya.

Mengingat pentingnya perawatan rambut berikut ini kami ulas cara mencegah penuaan pada rambut anda.

1. Beri nutrisi rambut

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah penuaan rambut adalah dengan memberikan nutrisi dan vitamin pada rambut. Hal ini perlu dilakukan agar rmabut menjadi kuat dan sehat. 

Beberapa vitamin yang bisa kamu konsumsi adalah vitamin C, B4, vitamin B7 dan Zinc yang dapat membantu memelihara kesehatan rambut dan memperlancar proses regenerasi.

2. Tidak menyisir rambut dalam keadaan basah

Rambut yang masih dalam keadaan basah, cenderung rapuh dan mudah sekali patah. Oleh sebab itu hindari menyisir atau mengikat rambut saat masih basah. Jika ingin menata rambut usahakan mengeringkan terlebih dahulu bisa dengan diangin-anginkan atau dengan hair dryer.

3. Melakukan hair care

Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan produk perawatan rambut. Selain shampoo gunakan juga kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut, selain itu untuk perawatan mingguan menggunakan masker rambut atau creambath bisa menjadi pilihan agar rambut menjadi sehat.

4. Memijat kepala

Selain menghilangkan rasa lelah, pijatan lembut di kepala dapat memperlancar aliran darah. Sehingga mencegah penuaan pada rambut karena pertumbuhan rambut menjadi lebih optimal.(*)

Tombol Google News

Tags:

penuaan perawatan rambut Penuaan Rambut Vitamin rambut basah Memijat kepala hair care