Ciri-Ciri Orang dengan Emotional Resilience Baik, Kamu Termasuk?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 September 2023 00:36 30 Sep 2023 00:36

Thumbnail Ciri-Ciri Orang dengan Emotional Resilience Baik, Kamu Termasuk? Watermark Ketik
Kelola stress dengan Emotional Resilience yang baik. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Stress merupakan emosi negatif yang dapat menyebabkan seseorang tidak dapat mengelola perasaannya dengan baik. Hal ini akan membuat seseorang merasa cemas, gelisah dan kurang percaya diri. Orang yang mengalami stress cenderung tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Padahal perlu kamu ketahui dalam pekerjaan, pastinya ada pertimbangan-pertimbangan yang telah diambil oleh atasan mengapa ia memberikan kamu pekerjaan tersebut. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Ini akan memicu dirimu untuk berkembang dengan cara mengelola stress. Istilah untuk mengelola stress dan emosi negatif dikenal dengan nama Emotional Resilience.

Dilansir melalui Children Society UK, Emotional Resilience adalah kemampuan seseorang dalam merespon stress serta situasi krisis yang dihadapi. seseorang dengan Emotional Resilience yang baik akan melihat stress yang dialami sebagai tantangan yang harus dihadapi.

Berikut ini kami ulas ciri ciri orang dengan Emotional Resilience yang baik, simak ulasannya.

1. Mampu Memecahkan Masalah Dengan Baik

Ketika dihadapkan pada suatu permasalahan, orang dengan Emotional Resilience yang baik akan mampu menyelesaikan tantangan yang dihadapi. sehingga mereka dapat menyelamatkan diri dari situasi genting. Mereka tergolong orang yang tetap tenang dan berpikir rasional sembari memikirkan solusi tepat.

2. Memiliki Koneksi yang Kuat

Manusia sejatinya adalah mahkluk sosial, yang masih memerlukan orang lain dalam kehidupannya. Begitu juga orang dengan Emotional Resilience baik mereka cenderung memiliki seseorang untuk berbagi cerita dan perasaan. Mereka dengan Emotional Resilience baik biasanya memiliki teman-teman baik, keluarga, maupun rekan kerja serta teman-teman online. 

3. Bermental Pejuang

Seseorang dengan Emotional Resilience yang baik sudah pasti memiliki mental seorang pejuang. Sangatlah penting untuk memposisikan diri sebagai “Pejuang” daripada sebagai seorang “Korban”.

Mereka lebih suka berjuang mencari solusi, daripada menerima keadaan begitu saja. Mereka selalu fokus pada kemungkinan positif yang dapat dilakukan untuk berjuang.

4. Mampu Mengendalikan Emosi

Orang dengan Emotional Resilience yang baik akan mampu mengendalikan diri mereka dari munculnya emosi negatif. Hal ini mereka lakukan agar mereka dapat mengontrol emosi negatif yang dapat merugikan diri mereka sendiri. Mereka mampu mencari penyebab dan solusinya dengan tepat.

5. Menghargai Diri Sendiri

Selain mampu mengelola emosi dengan tepat, orang dengan Emotional Resilience baik mampu menghargai diri mereka. Mereka memiliki kesadaram kapan harus beristirahat dengan mencintai diri sendiri dan memastikan bahwa dirinya siap menghadapi tantangan dalam hidup.(*)

Tombol Google News

Tags:

Emotional Resilience Emosi pengendalian diri berfikir tantangan solusi kepribadian pengembangan diri