Daftar 10 Kampus Politeknik Terbaik, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Jurnalis: Mirza Ashari
Editor: Rudi

27 Januari 2023 08:58 27 Jan 2023 08:58

Thumbnail Daftar 10 Kampus Politeknik Terbaik,  Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Watermark Ketik
(sumber: Google/Fahmi Adimara)

KETIK, SURABAYA – Webometrics adalah situs pemeringkatan universitas terbaik di dunia. Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), ada juga politeknik terbaik Indonesia. 

Berdasarkan webometrics atau "Webometrics Ranking of World Universities" adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa.

Indikator yang digunakan Webometrics untuk mengukur adalah:

  1. Visibility
    Jumlah jaringan eksternal (external networks) yang tertaut ke halaman web institusi.
  2. Transparency
    Jumlah kutipan yang berasal dari institusi.
  3. Excellence
    Jumlah makalah/jurnal yang digunakan sebagai kutipan.

Berikut 10 kampus Politeknik terbaik di Indonesia menurut webometrics:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Yang pertama ada Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang disingkat PENS adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.Beralamat di Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, kota Surabaya. PENS menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut webometrics.

PENS menduduki ranking ke-33 di Indonesia dan menduduki peringkat 3491 di seluruh dunia.  PENS Terdiri dari 4 departemen, untuk jenjang D3 PENS menaungi 10 prodi, jenjang D4 11 prodi dan memiliki jenjang D3, Sarjana Terapan (D4) dan Pascasarjana saat ini Status Akreditasi PENS adalah A.

Foto Politeknik Elektronika Negeri surabaya (sumber: Google/Fahmi Adimara)Politeknik Elektronika Negeri surabaya (sumber: Google/Fahmi Adimara)

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe

Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh atau yang disingkat PNL merupakan salah satu perguruan tinggi di Aceh dan politeknik terbaik kedua di Indonesia setelah PENS yang berada di Jl. Banda Aceh-Medan Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh

Berdiri sejak  1985, PNL memiliki 6 jurusan dan 22 program bidang studi D3 dan D4. Menurut webometrics PNL merupakan salah satu yang terbaik di indonesia menduduki peringkat 4966 di dunia.

Foto Politeknik Negeri Lhokseumawe (sumber: google/Politeknik Negeri Lhokseumawe Official)Politeknik Negeri Lhokseumawe (sumber: google/Politeknik Negeri Lhokseumawe Official)

3. Politeknik Kesehatan Semarang

Politeknik Kesehatan Semarang atau disingkat Polines atau Politekkes Semarang adalah sebuah perguruan tinggi vokasi negeri yang terletak di Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Poltekkes Semarang merupakan satu dari 32 Poltekkes yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu politekkes yang terbaik di indonesia. Menurut webometrics politekkes berada di urutan 5855 dunia.
Politekkes Semarang telah berkembang dan saat ini memiliki 5 jurusan dan 23 program studi.

Foto Politeknik Kesehatan Semarang. (sumber: Google/Pak Noor Kudus)Politeknik Kesehatan Semarang. (sumber: Google/Pak Noor Kudus)

4. Politeknik Pertanian Negeri Kupang (PNKK)

Berikutnya ada Politeknik Pertanian Negeri Kupang (PPNK) merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes Kel. Lasiana Kupang Nusa Tenggara Timur. Politeknik ini lebih dikenal sebagai Politani Negeri Kupang.

Berdiri sejak 6 oktober 1997 Politeknik ini memiliki 12 bidang keahlian dan berada diperingkat 6007 dunia.

Foto Politeknik Pertanian Negeri Kupang (PNKK). (sumber: googe/ Usman Husein)Politeknik Pertanian Negeri Kupang (PNKK). (sumber: googe/ Usman Husein)

5. Politeknik TEDC Cimahi

Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi vokasi yang profesional dalam bidang rekayasa dan bisnis sebagai upaya memenuhi tuntutan masyarakat akan tenaga ahli madya professional yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri, perusahaan nasional maupun internasioanal baik instansi pemerintahan maupun swasta, dalam menyongsong era globalisasi.

Politeknik TEDC Bandung beralamat di Jl. Politeknik Jl. Pesantren No.2, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40513.

Pada saat ini Politeknik TEDC Bandung memiliki 7 (tujuh) program studi  Diploma III dan 5 (lima) program studi Diploma IV. Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional, Politeknik TEDC Bandung mempersiapkan lulusannya untuk dapat langsung berperan dalam tugas-tugas operasional di Industri. Pada dasarnya industri yang dibidik oleh Politeknik TEDC Bandung adalah industri dalam bidang bisnis jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.

Foto Politeknik TEDC Cimahi Bandung. (sumber: @Politeknik TEDC)Politeknik TEDC Cimahi Bandung. (sumber: @Politeknik TEDC)

6. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya adalah satu satunya politeknik negeri yang membidangi perkapalan yang berada di Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya telah berkembang dan saat ini memiliki 4 jurusan dan 14 program studi.

Foto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (sumber: ppns.ac.id)Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (sumber: ppns.ac.id)

7. Politeknik Negeri Tanah Laut

Politeknik Negeri Tanah Laut adalah Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Politeknik ini berdiri pada  25 September 2009, tetapi baru bisa diresmikan menjadi PTN pada  2 Februari 2014 dan berdiri sampai dengan sekarang. Lokasi kampus sempat berpindah-pindah tempat sebelum akhirnya menempati area seluas 10 Hektare yang berada di Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari.

Politeknik Negeri Tanah Laut beralamat Jl. A. Yani Km.06 Desa Panggung, Kec. Pelaihari,, Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Indonesia. Memiliki 3 jurusan dan 7 program studi.

Foto Politeknik Negeri Tanah Laut. (sumber: google/Edwien)Politeknik Negeri Tanah Laut. (sumber: google/Edwien)

8. Politeknik Kesehatan Jakarta I

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I  merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kesehatan yang menyelengarakan pendidikan profesional tenaga kesehatan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I beralamat di Jl. Wijaya Kusuma No.47, RT.8/RW.4, Pondok Labu, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta 12450.

Saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I memiliki 5 (lima) Program Studi, yaitu Program Studi Diploma III Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan Gigi, Program Studi Diploma IV Ortotik Prostetik dan Program Studi Diploma IV Keperawatan Program Pendidikan Profesi Ners.

Sebagai institusi penyelenggara pendidikan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I berkomitmen untuk meningkatkan layanan pendidikan dan menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu dengan melakukan upaya-upaya terobosan dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai penyedia sumber daya manusia kesehatan yang profesional.

Foto Politeknik Kesehatan Jakarta I. (sumber: www.poltekkesjakarta1.ac.id)Politeknik Kesehatan Jakarta I. (sumber: www.poltekkesjakarta1.ac.id)

9. Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember menempati peringkat 146 nasional berdasarkan survei webometrics. Politeknik ini berada di Jalan Mastrip No.164 Sumbersari 68121 Jember Jawa Timur.

Politeknik Negeri Jember telah berkembang dan saat ini memiliki 8 jurusan dan 22 program studi.

Foto Politeknik Negeri Jember. (sumber: polije.ac.id)Politeknik Negeri Jember. (sumber: polije.ac.id)

10. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang, awalnya bernama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya, dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI, Mendikbud No. 03/DJ/Kep/1979, didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui dana Bank Dunia dengan Tenaga Ahli dari Swiss. Pada tahun 1991 Politeknik Malang ditetapkan sebagai institusi yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya dan bernama Politeknik Universitas Brawijaya.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan MENDIKNAS No. 147/O/2004, Politeknik Universitas Brawijaya telah memperoleh status kemandirian dengan nama menjadi Politeknik Negeri Malang (Polinema). Sejak  2004 telah dikembangkan Program Studi baik Program Diploma III (D-III) maupun Program Diploma IV (D-IV). Terdapat 7 pilihan jurusan dan 44 program studi di Polinema.

Foto Politeknik Negeri Malang. (sumber: google/Ahmad Musydad A)Politeknik Negeri Malang. (sumber: google/Ahmad Musydad A)

Nah, itu tadi adalah 10 peringkat kampus Politeknik di Indonesia. Apakah ada yang bercita-cita kuliah disalah satu kampus tersebut? atau mungkin sudah menjadi bagian dari kampus tersebut. (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan politeknik kampus perguruan tinggi Peringkat Survei terbaik