Dedikasi Rizal Ramli, Pengamat: Pernah Beresin Utang, Bukan Nambahin Utang

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

3 Juli 2023 06:17 3 Jul 2023 06:17

Thumbnail Dedikasi Rizal Ramli, Pengamat: Pernah Beresin Utang, Bukan Nambahin Utang Watermark Ketik
Kinerja Rizal Ramli dalam menuntaskan utang negara.(Dok.Rizal Ramli Pedia)

KETIK, JAKARTA – Satu tahun jelang rilis film Deadpool. Aktor sekaligus 'penyanyi' Hugh Jackman tak henti menjadi topik perbincangan. 

Hugh Jackman akan kembali sebagai Wolverine di Deadpool 3. Film itu dikonfirmasi bakal tayang pada 2024 sebagai bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Hugh Jackman memang tak muda lagi. Namun masih sangat mempesona dengan penampilan dan akting memukau. Maka tak heran, jika Hugh juga kerap menjadi model di banyak media.  

Pesohor dengan predikat lengkap. Aktor, penyanyi dan model. Ia telah membintangi banyak film action. Mulai X Men (2000), Logan (2017) dan Deadpool 3.

Selain aktor kawak, Hugh juga disebut sebagai penyanyi karena memiliki suara emas saat tampil dalam Greatest Show Man (2017). 

Ketika workshop session to get the movie greenlit, Hugh benar-benar terlihat lihai olah vokal. Bukan sekadar lipsing semata. 

Paket lengkap seperti Hugh Jackman sebenarnya juga terjadi dalam bidang politik. Ada aktor politik yang tak sekadar jago lipsing. Tapi benar-benar menguasai materi dan mengimplementasikan dalam kinerja nyata sehingga jika mengambil istilah dalam dunia perfilman, membuat 'penonton' memberikan apresiasi tinggi. 

Indikator aktor politik berpengalaman antara lain pernah menduduki jabatan publik dengan posisi strategis serta dikenal luas karena kebijakan yang dia buat. 

Dalam dunia politik Tanah Air, pengamat geopolitik Tulus Sugiharto - menunjuk 
Tokoh Nasional Dr Rizal Ramli sebagai sosok Hugh Jackman. 

Tulus memang kerap menangkap fenomena dan tren kekinian. Rizal tak hanya pernah menempati jabatan-jabatan strategis pemerintahan, ia juga membuktikan semua program. Rizal bukanlah sosok karbitan karena pemikiran dan kinerjanya telah diakui dunia internasional. Ia negarawan berdedikasi tinggi. 

"Jadi bukan sekadar punya jabatan tapi doing nothing," ujar Tulus, Senin (3/7/2023).

Sejak muda, Rizal Ramli sudah belajar dan ikut berpolitik. Menjabat Wakil Ketua Dewan Mahasiswa ITB pad tahun 1977-an. Itu semakin membuatnya asik terjun ke jalan, mendebat kebijakan pemerintahan Presiden Soeharto saat itu. 

Di Kampus ITB, Rizal mengasah dirinya menjadi seorang aktivis yang peduli terhadap nasib negara bersama teman-temannya. Saat kuliah, Rizal yang kala itu tidak memiliki uang, terpaksa harus pintar mengelola waktunya antara kuliah, aktivisme dan bekerja. Tampaknya, Rizal bisa mampu menjaga ketiga hal ini secara berimbang.

Di dua presiden, dia pernah jadi menteri Koordinator, di era Jokowi jadi Menko Maritim dan di era  Gus Dur menjadi Menko Perekonomian dan saat itu dia gerak cepat,  membereskan masalah utang di PLN,  Garuda Indonesia dan krisis di BII. 

"Jadi, dia beresin utang ya, bukan mencari utang. Gen now, catet tuh. Beresin uang bukan cari utang. Jadi, Bang RR (Rizal Ramli) menteri terbaik bukan terbalik," ucapnya. 

Sampai sekarang meski bukan menjadi pejabat, Rizal Ramli terus membela rakyat. 

"Tanya petani tebu, petani, orang yang digusur, kaum buruh, selalu kritis pada kenaikan TDL, BBM, sampai sembako, menolak jabatan presiden 3 periode, mengecam politik dinasti, pembuat julukan BuzzerRp dan Sure-Pay (survey) dan lain-lain," kata Tulus.

Dan terakhir, Rizal Ramli merupakan lulusan S3 Doktor dari Boston University, bukan universitas kaleng-kaleng. Ketika berkuasa ia telah melakukan perubahan dan perbaikan lebih mudah dan lebih cepat.

"Jadi kalau mau cari pesohor politik yang pro rakyat, namanya jelas Bang Rizal Ramli. Lengkap dia. Kalau di film, seperti Hugh Jackman," terang Tulus. 

Hugh Jackman, pesohor serba bisa akan kembali dengan film Deadpool di 2024. Tulus memiliki harapan besar Rizal Ramli turut kembali mengelola pemerintahan pada 2024 mendatang. Seperti petikan lirik lagu yang dinyanyikan Hugh Jackman di film The Greatest Showman: From now on “Let this promise in me start, Like an anthem in my heart, From now on, From now on.” 

"Lagu Bang RR itu jelas, pro rakyat, pemberi harapan, jadikan Indonesia unggul di 2024,  masa depan loe cerah. From now on ikut dia," ajak Tulus. 

Sementara itu, Rizal Ramli banyak mendapat pertanyaan dari publik. Bagaimana cara Rizal dan kawan-kawan bisa melakukan perbaikan-perbaikan walaupun ketika tidak menjadi pejabat? 

"Asalkan amanah dan tidak punya konflik kepentingan (KKN) dan leadership kuat. Kuncinya, visi perbaikan yang jelas, konsistensi dan daya tahan atau sekitar 2 tahun per topik, aliansi strategis kokoh dengan dewan-dewan mahasiswa, organisasi buruh, kepala desa dan lain-lain," jawab Rizal. 

Rizal Ramli jelas tak bisa dibandingkan dengan aktor politik 'ingusan'. Tokoh politik senior, Panda Nababan, baru-baru mengomentari politikus muda PDI Perjuangan yang jauh di bawahnya, yaitu Wali Kota Solo Gibran. 

Tulus mengutip pernyataan Panda, Gibran masih (kelas) anak ingusan untuk maju dalam Capres/Cawapres 2024.  

Memang di peraturan Pemilu, secara umum Gibran tidak bisa jadi bisa maju sebagai Capres/Cawapres di 2024. Kecuali jika MK tiba-tiba menurunkan usia. 

"Arti anak ingusan atau anak kemarin sore atau anak bau kencur atau sebangsanya mungkin diartikan sebagai orang yang belum berpengalaman," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rizal Ramli Gibran Tulus Sugiharto Panda Nababan Hugh Jackman Anak Ingusan