Detik-Detik Aji Meninggal Dipatuk King Cobra saat Mengisi Training Handling

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: Rudi

14 Februari 2023 06:27 14 Feb 2023 06:27

Thumbnail Detik-Detik Aji Meninggal Dipatuk King Cobra saat Mengisi Training Handling Watermark Ketik
Berita duka Aji Rachmat Purwanto. (Foto: IG Sioux Indonesia)

KETIK, BANJARMASIN Kabar meninggalnya Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat Purwanto (Mas Aji), yang selama ini dikenal sebagai edukator masyarakat mengenai penanganan ular pada Selasa (14/2/2023) pukul 01:32 WITA, di RS Ulin Banjarmasin Kalimantan Selatan mengejutkan banyak pihak.

Mas Aji dinyatakan meninggal oleh pihak dokter rumah sakit setelah sehari sebelumnya mengalami koma akibat tergigit ular berbisa jenis King Cobra saat memberikan materi penanganan ular kepada masyarakat Kalimantan Selatan, 12 Februari 2023.

Yayasan Sioux Ular Indonesia melalui keterangan resmi tertulis yang diterima Ketik.co.id Selasa pagi ini (14/2/2023) membenarkan kabar tersebut.

Berikut keterangan pers lengkap Yayasan Sioux Ular Indonesia mengenai kronologi dan detik-detik kepergian pendiri organisasi mereka tersebut yang ditandatangani oleh Pembina Sioux Ular Indonesia, Erwin Firdiansyah.

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Salam sejahtera buat kita semua.

Sehubungan beredarnya berita tentang kondisi salah satu pendiri Sioux, Aji Rachmat Purwanto, dengan ini kami, pengurus Yayasan Sioux Ular Indonesia menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bahwasanya benar, salah satu pendiri Sioux, Aji Rahmat Purwanto telah mengalami musibah tergigit Ular King Cobra tanggal 12 Februari 2023 di Banjarmasin ketika sedang mengisi acara Basic Training Muscle (BTM), dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

2. Pengurus yayasan, rekan-rekan Muscle (anggota Sioux), kolega, dan jejaring lain telah berusaha sekuat tenaga membantu keluarga dalam proses penanganan kondisi beliau, baik secara personal maupun organisasi melalui berbagai macam cara dan upaya.

3. Setelah beberapa hari dirawat di ruang ICU di Rumah Sakit setempat didampingi oleh keluarga dan teman-teman organisasi, Beliau ditakdirkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala meninggalkan kita semua pada tanggal 14 Februari 2023, dini hari waktu setempat.

4. Untuk sementara, permintaan kerja sama dan Snake Rescue yang semula dikoordinasikan melalui nomor 08176800446, kami alihkan ke nomor 08567882845 (atas nama Sdr. Rizky sebagai narahubung).

5. Bagi para kolega dan klien yang telah memiliki kerja sama mengikat (kontrak/kegiatan) bersama Sioux melalui Sdr. Aji Rachmat Purwanto, silahkan menghubungi nara hubung Sdr Rizky di nomor 08567882845.

Demikian informasi ini kami sampaikan untuk diketahui semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya atas rasa simpati, empati serta doa yang disampaikan untuk Sdr. Aji Rachmat Purwanto.

Semoga Allah Subhanahu Wa ta'ala mengampuni beliau dan menerima segala kebaikan yang telah beliau lakukan selama hidupnya, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Aamin.

Menurut sumber Ketik.co.id, penanganan Aji oleh dokter RS Ulin Banjarmasin juga dibantu dr Tri Maharani. Dokter Tri langsung mengontak dokter yang menangani Mas Aji. 

Dokter Tri memang dikenal sebagai dokter andalan para snake handler di Indonesia. Ia langsung memandu jarak jauh kepada petugas medis di RS Ulin Banjarmasin. 

Upaya ini dilakukan untuk memaksimalkan penanganan gigitan ular, sebab banyak pihak RS di Indonesia yang belum memiliki standar prosedur penanganan gigitan ular. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sioux Indonesia Mas Aji King Cobra Ular Aji Rachmat Purwanto