Di Balik Rasa Pahit, Pare Memiliki Segudang Manfaat bagi Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

27 Juni 2023 20:00 27 Jun 2023 20:00

Thumbnail Di Balik Rasa Pahit, Pare Memiliki Segudang Manfaat bagi Tubuh Watermark Ketik
Sayur Pare. (Foto: Alexandra Tianu/pixabay)

KETIK, JAKARTA – Pare atau dalam bahasa ilmiahnya Momordica charantia, adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia. Walaupun memiliki rasa yang pahit, namun tidak menurunkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran ini.

Namun jangan salah di balik rasanya yang pahit, ternyata tersimpan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Berikut ini kami uraikan beberapa manfaat sayur pare.

1. Kaya Nutrisi

Walaupun memiliki rasa yang pahit, namun pare menyimpan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, asam folat, magnesium, kalium dan serat. Kandungan nutrisi tersebut berguna menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, pembentukan sel darah, fungsi otot, dan keseimbangan elektrolit.

2. Menjaga Gula Darah

Pare mengandung senyawa charantin, yang memiliki efek penurunan gula darah. Kandungan ini sangat cocok bagi Anda penderita diabetes, yang memang harus menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, pare dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk pengaturan gula darah yang sehat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi yang dikandung oleh pare ternyata dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan senyawa anti inflamasi yang berguna menjaga kesehatan jantung. Kandungan seratnya berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sementara antioksidan dan senyawa anti-inflamasi melawan radikal bebas dan peradangan.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Pare mengandung serat yang cukup tinggi, hal ini berefek pada sistem pencernaan. Kandungan serat ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, pare dapat membantu merangsang produksi enzim pencernaan, yang memperbaiki proses pencernaan.

5. Mengandung Senyawa Anti Kanker 

Beberapa penelitian membuktikan jika pare memiliki efek inhibisi terhadap pertumbuhan sel-sel kanker tertentu. Hal ini dapat melindungi tubuh dari sel kanker dan kerusakan akibat radikal bebas.(*)

Tombol Google News

Tags:

sayuran pare nutrisi anti Inflamasi anti kanker