Gandeng CSR, Alun-Alun Merdeka Kota Malang Segera Dipermak

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

2 April 2024 14:30 2 Apr 2024 14:30

Thumbnail Gandeng CSR, Alun-Alun Merdeka Kota Malang Segera Dipermak Watermark Ketik
Alun-Alun Merdeka Malang yang akan segera direvitalisasi melalui CSR Bank Jatim. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang telah menggandeng Bank Jatim melalui program tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) untuk mempercantik tampilan Alun-Alun Merdeka Kota Malang. 

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan saat ini ada beberapa fasilitas di alun-alun yang sudah tidak berfungsi lagi. Untuk itu dengan adanya perbaikan diharapkan mampu memfungsikan serta menambah fasilitas penunjang kenyamanan masyarakat. 

"Jadi memang saat ini sudah beberapa tahun yang lalu direncanakan melalui CSR. Ada yang seharusnya bisa dimanfaatkan, ternyata ada beberapa yang sudah tidak berfungsi. Kemudian kita menyesuaikan lagi, ada beberapa fasilitas pendukung yang akan kita selesaikan karena ada masukan," ujar wahyu, Selasa (2/4/2024). 

Untuk rencana revitalisasi Alun-Alun Merdeka, Pemkot Malang menerapkan sistem open publik. Di mana segala kalangan termasuk komunitas terlibat untuk ikut memberikan masukan. 

"Kita revitalisasi kemarin untuk membuat perencanaan ini, kita open publik. Semua komunitas kita undang saat itu, pembahasan panjang lebar, masukan juga ada. Akhirnya perencanaanya sudah selesai, ada beberapa revisi kita sesuaikan nanti akan kita sampaikan pada mereka," lanjutnya. 

Wahyu menekankan bahwa revitalisasi tersebut berasal dari dana CSR dan tidak menggunakan dana dari APBD Kota Malang. Nantinya Alun-Alun Merdeka Malang digadang akan serupa dengan harapan masyarakat. 

"Kemudian ada beberapa fasilitas pendukung lainnya akan kita sesuaikan. Tentu sesuai dengan keinginan dari masyarakat, kami upayakan tertampung. Kemudian di revitalisasi ini karena akan dimanfaatkan oleh masyarakat, ada masukan dari masyarakat, mudah-mudahan sesuai dengan keinginan masyarakat," kata Wahyu. 

Sementara itu salah satu ikon yang ada di Alun-Alun Merdeka ialah lokasinya yang berdekatan dengan tempat ibadah yakni Masjid Agung Jami dan juga Gereja. Pemkot Malang pun akan menampung masukan yang datang dari kedua kalangan tersebut. 

"Beberapa sudah bagus, kita hanya tampilan karena ada masukan dari Masjid Agung Jami, Gereja, komunitas. Mereka memint supaya ada beberapa titik yang dipertahankan karena cagar budayanya di situ," sebutnya. 

Saat ini revitalisasi Alun-Alun Merdeka Malang telah masuk pada tahap perencanaan. Ia berharap segala tahapan tersebut dapat selesai pada tahun 2024 ini. (*).

Tags:

Alun-Alun Merdeka Malang Kota Malang Revitalisasi Alun-Alun CSR