Ganjar Sowan ke Gus Mus, Ditanya Siapa Cawapresnya, Ini Jawabannya

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

3 Mei 2023 16:50 3 Mei 2023 16:50

Thumbnail Ganjar Sowan ke Gus Mus,  Ditanya Siapa  Cawapresnya, Ini Jawabannya Watermark Ketik
Ganjar Pranowo sungkem kepada KH Ahmad Mustafa Bisri atau Gus Mus. (Foto: Intagram @ganjar_pranowo)

KETIK, REMBANG – Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri mengklaim mempunyai 10 kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Namun saat Gubernur Jawa Tengah itu ditanya siapa kandidat cawapres yang mendampingi pada Pilpres 2024, enggan menjawabnya.

Pertanyaan itu dilontarkan saat Ganjar usai sowan ke kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di kompleks Pondok Pesantren Raudhatul Thalibin, Kelurahan Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada Rabu (3/5/2023).  "Heleh, Mbah Mus (Gus Mus) wae (aja), Mbah Mus," gurau Ganjar kepada wartawan.

Ganjar berkelit dengan mengatakan kalau urusan politik kewenangan ketua umum (ketum) partai politik (parpol) di Jakarta. "Kemarin kan habis ngobrol," ujarnya.

Yang dimaksud Ganjar, adalah pertemuan enam ketua umum (ketum) parpol dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (2/5/2023) malam.

Pertemuan itu dihadiri Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua DPP Partai Golkar Airlangga  Hartarto, Ketua DPD PAN Zulkifli Hasan dan Ketum DPP PPP M Mardiono. 

Namun mereka tak membocorkan hasil topik bahasan politiknya. Prabowo dan Airlangga Hartarto hanya mengatakan Presiden Jokowi menjelaskan capaian dan tantangan Indonesia ke depan.

Di Rembang, kehadiran Ganjar disambut Gus Mus dengan merangkul di ruang tamu komplek Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin. Ganjar langsung sungkem dan menyapa dengan menanyakan kesehatan Gus Mus. "Sehat nggih, Gus," tanya Ganjar. Gus Mus pun menjawab bila dirinya kondisi sehat. "Sehat-sehat alhamdulillah," jawabnya.

Ganjar mengatakan sowan ke Gus Mus untuk halalbihalal dan tak membahas politik. "Bahas sambel terong," candanya.

Politikus PDIP ini mengaku hanya ngobrol santai dengan Gus Mus, juga tak ada pesan khusus terkait Ganjar yang bakal maju sebagai capres 2024. 

"Alhamdulillah bisa sowan dan sungkem Mbah Yai Gus Mus @s.kakung . Sehat selalu nggih Gus, agar bisa terus membimbing serta mendampingi kami dalam kehidupan beragama dan bernegara," ujar Ganjar di akun Instagramnya.

"Semoga kita selalu teringat pesan beliau, salah satunya yang disampaikan lewat puisi berjudul Idul Fitri," katanya.

Puisi Gus Mus pun diunggah di Instagram @ganjar_pranowo:

Selamat Idul Fitri akal budi

Maafkanlah aku selama ini

Kubiarkan kau terpenjara sendiri

Selamat Idul Fitri, diri

Marilah menjadi manusia kembali. Allahu akbar walillahil hamdu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ganjar Pranowo Capres PDIP Sowan Gus Mus pemilu2024 pilpres2024