Glaukoma Penyebab Kebutaan Kedua di Indonesia

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

29 Maret 2023 12:47 29 Mar 2023 12:47

Thumbnail Glaukoma Penyebab Kebutaan Kedua di Indonesia Watermark Ketik
dr Lydia Nuradianti SpM (K) melakukan operasi terhadap pasien Glaukoma. Foto : Dokumen pribadi dr Lydia

KETIK, SURABAYA – Glaukoma masih menjadi momok masyarakat di Indonesia, dimana penyakit ini penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Sekitar 4 sampai 5 dari 1000 orang di Indonesia mengidap penyakit yang dapat menyerang seluruh kelompok usia ini. 

“Masyarakat harus mulai aware dan sadar bahwa penyakit glaukoma itu berbahaya. Yang perlu diingat, kebutaan karena katarak masih bisa disembuhkan, tetapi kebutaan karena glaukoma tidak akan dapat disembuhkan,” jelas dokter spesialis mata dr Lydia Nuradianti SpM (K), Rabu (29/3/2023).

Lydia menjelaskan penyebab utama penyakit glaukoma adalah tekanan bola mata yang tinggi. Tekanan bola mata yang tinggi tersebut akibat terjadinya penumpukan cairan di dalam mata, sehingga tekanan bola mata mengalami peningkatan.

“Normalnya, tekanan bola mata itu adalah 10-20 mmHg. Di atas itu dapat terserang penyakit mata, salah satunya glaukoma. Karena itu, masyarakat harus cek tekanan bola mata secara rutin. Terlebih, glaukoma ini penyakit yang susah dideteksi lantaran hampir tanpa keluhan,” urainya.

Apabila tak segera terdeteksi, maka gejala peningkatan tekanan tersebut semakin menyebar ke seluruh bola mata. Kemudian akan menekan saraf penglihatan yang berakibat pada kerusakan saraf penglihatan.

Selanjutnya, akan terjadi penyempitan lapang pandang. Dari sini apabila tidak segera ditangani, maka akan berakhir dengan kebutaan. “Glaukoma dapat menyerang semua usia, mulai bayi baru lahir sampai orang tua,” kata Lydia.

Lydia memaparkan, faktor risiko terjadinya glaukoma ada beberapa hal. Pertama, faktor keturunan atau riwayat keluarga glaukoma. Lalu, faktor usia lanjut (40 tahun ke atas insidennya meningkat). Ketiga, miopia (rabun jauh) dan hipermetropia (rabun dekat).

Kemudian, faktor pengobatan dengan kartikosteroid jangka panjang, trauma mata, katarak, dan kencing manis dapat memicu terjadinya glaukoma. “Kalau orang tua ada yang kena, maka anaknya harus dicek, karena glaukoma termasuk penyakit bawaan,” tandas alumnus kedokteran Universitas Airlangga (Unair) ini.

Ditanya soal gejala pengidap glaukoma, Lydia menyebut, peningkatan tekanan bola mata biasanya timbul perlahan dan kerusakan yang ditimbulkan pun bertahap. Seringkali penderita glaukoma tidak merasakan tanda-tanda atau gejala, hingga tidak menyadari adanya gangguan penglihatan. “Kondisi tersebut bisa disebut glaukoma kronis. Ketika penyakit sudah di tahap yang lebih parah, barulah penderita mulai merasakan gangguan penglihatan,” bebernya.

Awalnya, penglihatan tepi atau periferal mulai buram, kemudian hilang. Layaknya sedang melihat di dalam lorong, di mana tidak terlihat apapun di sisi kiri maupun kanan. Hingga akhirnya penglihatan sentral atau fokus hilang juga. “Ada juga jenis peningkatan tekanan bola mata secara tiba-tiba yaitu jenis glaukoma akut,” ucapnya.

Gejala-gejala glaukoma akut ini meliputi rasa pusing yang berlebihan, nyeri pada mata, rasa mual, hingga muntah-muntah hebat. Kemudian disusul oleh penglihatan yang mulai terganggu. “Gejala-gejala ini merupakan kondisi gawat darurat yang harus segera ditangani,” tandasnya.

Hingga kini, belum ada obat atau terapi di dunia yang dapat menyembuhkan penyakit ini secara total dari penderitanya. Kendati demikian, ada salah satu kunci utama untuk mengatasi glaukoma. Yakni, dengan melakukan deteksi dini.

Dengan deteksi dini, kata Lydia, penderita glaukoma memiliki kesempatan untuk menjalani pengobatan atau operasi yang dapat mencegah kerusakan saraf optik mata, sehingga memperlambat hilangnya penglihatan atau kebutaan.

“Pemeriksaan mata idealnya dilakukan  setiap 1-2 tahun sekali. Bagi usia 40 tahun ke atas minimal 2 tahun sekali. Sedangkan yang memiliki riwayat keluarga glaukoma, maka pada usia 40 tahun ke atas harus cek tekanan bola mata 1 tahun sekali,” tuntas Lydia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Glaukoma Penyakit Kebutaan