Hari Ini, Jokowi Pimpin 5 Pertemuan di KTT ke-42 ASEAN

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

10 Mei 2023 01:44 10 Mei 2023 01:44

Thumbnail Hari Ini, Jokowi Pimpin 5 Pertemuan di KTT ke-42 ASEAN Watermark Ketik
Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Labuan Bajo (9/5/2023). (Foto: BPMI Setpres)

KETIK, MANGGARAI BARAT – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, agenda Presiden Joko Widodo pada KTT ke-42 ASEAN akan dimulai hari ini, Rabu (10/5/2023). Adapun, Jokowi akan memimpin lima pertemuan.

"Besok pagi (Rabu, red) KTT sudah akan mulai dan besok akan ada lima pertemuan yang semuanya akan dipimpin oleh bapak Presiden," kata Retno seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/5/2023).

Pertama, Jokowi akan memimpin ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). Kedua, ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth. Ketiga, ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Keempat, ASEAN Leaders’ Interface with High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). Terakhir, Jokowi akan menutup dengan jamuan makan malam. "Dan keseluruhan acara KTT besok akan ditutup dengan acara makan malam," kata Retno.

Retno melanjutkan, pada Kamis, 11 Mei 2023 akan ada 3 pertemuan yang dihadiri Presiden Jokowi. Yaitu ASEAN Summit (Retreat Session), IMT-GT Summit dan BIM-EAGA Summit. headtopics.com.

KTT ke-42 ASEAN dihadiri delapan pemimpin negara anggota ditambah Timor Leste, yang untuk pertama kali berpartisipasi dalam pertemuan puncak organisasi regional itu.

PM Thailand tidak akan hadir mengingat pemilu di negara itu akan dilakukan pada 14 Mei sehingga dia akan diwakili oleh Wakil PM Don Pramudwinai.

Sementara itu, Myanmar masih tidak diundang dalam KTT. ASEAN selama ini telah mengecualikan junta Myanmar dalam pertemuan-pertemuan tingkat tinggi organisasi kawasan tersebut karena militer dianggap gagal menerapkan Konsensus Lima Poin.

Konsensus itu adalah sebuah rencana perdamaian yang diinisiasi oleh para pemimpin ASEAN pada April 2021 guna membantu mengakhiri konflik di Myanmar.

Selama keketuaannya di ASEAN tahun ini, Indonesia mengangkat tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Indonesia bermaksud memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN sehingga mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

Indonesia akan mengawal kawasan menuju ASEAN 2045 agar lebih adaptif, responsif, dan kompetitif.

Di bawah keketuaan Indonesia, berbagai pertemuan ASEAN diharapkan dapat menghasilkan sejumlah dokumen, antara lain tentang Visi ASEAN pasca 2025, penguatan kapasitas ASEAN, dan keanggotaan penuh Timor Leste.(*)

Tombol Google News

Tags:

KTT ASEAN Labuan Bajo Jokowi