Hari Kartini, Khofifah Jamu Para Driver Ojol Perempuan dengan Hangat di Grahadi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 April 2023 21:29 21 Apr 2023 21:29

Thumbnail Hari Kartini, Khofifah Jamu Para Driver Ojol Perempuan dengan Hangat di Grahadi Watermark Ketik
Gubernur Khofifah menyapa para driver ojol perempuan di Grahadi, Jumat (21/4/2023). (Foto: Husni Habib/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Puluhan Driver Ojek Online (Ojol) yang tergabung dalam Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online (Gaspol), mengunjungi Gedung Negara Grahadi untuk bertemu dengan Guberbur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (21/4/2023).

Kunjungan para Driver ojol perempuan ini dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Ada hal unik dalam kunjungan mereka kali ini. Dimana para driver ojol perempuan ini datang menghadap Khofifah dengan mengenakan kebaya lengkap dengan jaket atribut mereka.

Khofifah pun menyambut para driver ojol ini dengan penuh kehangatan. Dirinya mengatakan perlunya pemberdayaan bagi para driver perempuan ini. Hal ini karena pekerjaan mereka memiliki risiko yang cukup besar.

"Kebetulan bersamaan dengan Hari Kartini maka kawan-kawan ojek perempuan berinisiasi untuk bisa menjadi bagian yang bisa menunjukkan penguatan pada peran perempuan terutama ojek perempuan yang selama ini sudah mendapatkan pembinaan dari DP3AK (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan)," ujarnya.

Foto Moment perwakilan ojol perempuan memberikan karangan bunga pada Gubernur Khofifah, Jumat (21/4/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Moment perwakilan ojol perempuan memberikan karangan bunga pada Gubernur Khofifah, Jumat (21/4/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sementara itu kepala DP3AK Novi mengatakan pertemuan kali ini adalah inisiatif dari teman-teman ojol sendiri. Mereka mengaku kagum akan kepemimpinan beliau. selama ini para driver ojol perempuan telah diberikan pelatihan pemberdayaan. Mulai dari bimbingan keterampilan beauty class, massage hingga cooking class. 

"Beliau memberikan bimbingan sosial, bimbingan keterampilan beauty class kemudian massage, cooking class, pertahanan diri apapun beliau sediakan untuk ojol ojol perempuan, harapan ibu yang usianya tidak mudah lagi yang memiliki anak berkebutuhan khusus itu mencari pekerjaan yang lebih aman untuk perempuan, " ungkap Novi

Novi menambahkan selama ini UPT perlindungan perempuan dan anak telah banyak memberdayakan dan memberikan perlindungan tidak hanya bagi ojol perempuan tetapi juga penyintas kekerasan KDRT dan pekerja migran bermasalah.

"Jadi sesuai amanat undang undang kami berusaha memberikan pemberdayaan di bidang ekonomi, sosial, hukum dan politik," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Kartini Driver Ojol perempuam pemberdayaan Khofifah