Hebat, Polsuska Daop 8 Juara Umum Railway Police Award 2023

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

8 September 2023 07:55 8 Sep 2023 07:55

Thumbnail Hebat, Polsuska Daop 8 Juara Umum Railway Police Award 2023 Watermark Ketik
Polsuska Daop 8 mengikuti Lomba bela diri Railway Police Award 2023. (Foto: Humas Daop 8)

KETIK, SURABAYA – Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Daop 8 Surabaya menjadi juara umum dalam ajang Railway Police Award 2023. Ajang ini diikuti 50 perwakilan polsuska dari seluruh wilayah kerja PT. KAI (Persero) yaitu 9 Daerah Operasi di Pulau Jawa dan 4 Divisi Regional di Sumatera.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai dari tanggal 6 hingga 9 September 2023. Para petugas Polsuska mengikuti kompetisi dalam kegiatan RPA 2023 yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Kategori Pengamanan Jalur KA, Kategori Pengelolaan Lost and Found, dan Kategori Pengamanan Operasi KA. 

Daop 8 Surabaya keluar sebagai juara umum setelah menjadi juara di masing-masing kategori. Yakni juara 1 pada Kategori Pengamanan Jalur KA dan Kategori Pengelolaan Lost and Found serta juara 3 Kategori Pengamanan Operasi KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, acara Railway Police Award 2023 merupakan ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan baik secara teori maupun praktek bagi petugas Polsuska. 

"Selain itu juga sebagai sarana berbagi pengalaman selama bertugas dari masing-masing wilayah kerja KAI," ujar Luqman. 

Setiap daerah memiliki karakter masyarakat, budaya yang berbeda, dan cara menangani masalah yang berbeda. Ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan permasalahan dan solusi penyelesaiannya. 

"Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya dan berganti tempat penyelenggaranya," tambah Luqman Arif. 

Foto Polsuska Daop 8 saat memaparkan SOP. (Foto: Humas Daop 8 Surabaya)Polsuska Daop 8 saat memaparkan SOP. (Foto: Humas Daop 8 Surabaya)

Selain mempertontonkan kemampuan bela diri karate secara perorangan maupun beregu, seluruh peserta juga diharuskan mempresentasikan kemampuan pemahaman pengetahuan SOP saat berdinas. 

Kemampuan cara penyampaian dan pemahaman aturan ini penting, karena Polsuska merupakan bagian dari frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, masyarakat, para tokoh masyarakat, hingga pejabat di tingkat kewilayahan. 

Kompetisi bela diri juga dihadirkan sebagai bentuk antisipasi apabila petugas dihadapkan pada situasi yang membutuhkan tindakan represif, seperti berhadapan pelaku kriminal diatas KA, di stasiun, maupun di jalur KA, yang membutuhkan kemampuan beladiri yang mumpuni. 

Dalam kegiatan Railway Police Award 2023, KAI menghadirkan dewan juri profesional di bidangnya yang akan melakukan penilaian para peserta. Dimulai dari juri internal KAI, dan dari Dewan Guru INKAI Ir. Wahyudi, serta perwakilan Pengurus Pusat INKAI. 

"Railway Police Award 2023 dilaksanakan tidak lain untuk membangun moril dan mental petugas Polsuska sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan KAI," pungkas Luqman Arif. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polsuska Daop 8 Railway Police Award 2023 Luqman Arif