HSN 2024: MWCNU Senori Gelar Lomba Orasi, Gali Bakat Santri Bicara di Depan Umum

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: M. Rifat

27 Oktober 2024 20:48 27 Okt 2024 20:48

Thumbnail HSN 2024: MWCNU Senori Gelar Lomba Orasi, Gali Bakat Santri Bicara di Depan Umum Watermark Ketik
Salah satu peserta saat lomba orasi yang di gelar MWCNU Senori (27/10/2024). (Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Meriahkan Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada 22 Oktober, Puluhan santriwan- santriwati ikuti lomba orasi yang digelar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (27/10/2024).

Kegiatan orasi yang berlangsung satu hari bertemakan "Santri Membangun Negeri" ditempatkan di ruang pertemuan Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan setempat. Acara diikuti puluhan peserta mulai kelompok usia 7 sampai 12 tahun dan kelompok usia 13 sampai 17 tahun. 

Ketua Panitia Lomba Orasi Ahmad Zainul Azhar mengatakan bahwa lomba orasi ini bertujuan sebagai pengejawantahan peran dan potensi santri. Sekaligus pemantik santri Indonesia menyuarakan suara santri untuk disaksikan orang banyak.

“Berbicara di depan umum itu tidak mudah. Butuh keberanian tampil dan tentunya didukung dengan kebiasaan dan wawasan yang luas. Selain itu, tekhnik berpidato dan berorasi memiliki seni tersendiri. Hal ini perlu diasah sejak dini, khususnya bagi anak-anak dan remaja,” papar Zainul Azhar.

"Kami harap lomba ini jadi pemantik santri untuk terus mengawal gerakan perubahan. Semoga ada gerakan penyadaran akan pentingnya berdemokrasi. Sehingga santri bisa menyuarakan aspirasi mereka," jelas Mantan Ketua Ansor Kecamatan Senori itu.

Foto Foto bersama pemenang lomba orasi (27/10/2024)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)Foto bersama pemenang lomba orasi (27/10/2024)(Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

Gus Zain, sapaan akrab Zainul Azhar juga berharap kepada pimpinan PCNU Tuban dapat menggelar perlombaan seperti orasi maupun kegiatan positif lain untuk menyemarakkan HSN. Dengan melibatkan kader NU khususnya kalangan santri agar ke depan siap dan lebih terberdaya.

"Kami harap lomba ini bisa memantik PCNU untuk lebih mampu improvisasi potensi - potensi kader khususnya santri - santri yang masih belajar di lingkungan pesantren di bumi wali Tuban," sambungnya.

Ia menambahkan, dalam lomba orasi bagi peserta mendapatkan juara di tingkat kecamatan, akan diberikan sertifikat, bingkisan di malam puncak acara HSN MWCNU Senori pada 4 November 2024.

Data diterima Ketik.co.id, berikut nama - nama pemenang lomba Orasi MWCNU Senori:

Kategori 7-12

Putra 

1) Muhammad Falyastatyunus El Khudlor pelajar MI Islamiyah Banin.

2) Muhammad Kelvin Mubarrok pelajar MI Islamiyah Banin.

3) Ahmad Izam Saputra pelajar MIS Miftahurrohman Soko Medalem.

Putri

1) Afika Shidqiya pelajar MI Hidayatus Sibyan Wanglukulon.

2) Sabrina Khoirun Nisa' pelajar MIS Miftahurrohman Soko Medalem.

3) Zahra Kalistya pelajar MI Miftahul Ulum.

Kategori usia 13-17

Putra 

1) Muhammad Burhanuddin santri pondok pesantren An Nasyiah

2) Ahmad Helmi Fanani asal MA Islamiyah

3) M. Ardian Hanun Hammadi pelajar MTs Islamiyyah Banin

Putri:

1) Nina Maulida santriwati PP An Nihayah

2) Mutiara Putri Anggita pelajar SMA Islamiyah

3) Rizka Natasya dari SMK Sunnatunnur.(*)

Tombol Google News

Tags:

HSN2024 PCNUTuban MWCNU Senori santri orasi