Hujan Deras, Truk Muat Kayu Terguling ke Jurang Sedalam 45 Meter di Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

7 Januari 2024 11:47 7 Jan 2024 11:47

Thumbnail Hujan Deras, Truk Muat Kayu Terguling ke Jurang Sedalam 45 Meter di Pacitan Watermark Ketik
Lokasi jurang dalam sekitar 45 meter. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pacitan, Jawa Timur, pada Minggu (7/1/2024) sore, menjadi petaka bagi sebuah truk pengangkut kayu. Truk tersebut terguling dan terjun ke jurang sedalam 45 meter di Kali Pakel, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.53 WIB. Truk bernopol AE 8986 YD tersebut mengangkut sekitar 7 ton kayu jati. Saat itu, truk sedang melaju dari arah barat menuju timur.

Pengemudi truk, Tenong, warga Kali Waru, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, berusaha menanjaki tanjakan yang curam. Namun, karena hujan deras, jalan menjadi licin dan truk tidak kuat menanjak.

Akibatnya, truk oleng dan terguling ke jurang. Badan truk jatuh ke dasar jurang, sedangkan bagian roda sisi kiri masih menggantung di pinggir jurang.

Menurut Willy Saputra (21), warga setempat, kecelakaan terjadi saat truk mengangkut kayu dari hutan di kawasan Desa Banjarjo perjalanan menuju Desa Gembuk.

"Kan pas nanjak dari bawah, tapi terlalu mepet ke kanan, karena hujan roda kanan selip di sisi kanan jalan. Akhirnya truk terguling ke jurang," kata Willy kepada media online nasional Ketik.co.id di lokasi, Minggu (7/1/2024).

Foto Kondisi truk warna biru milik warga Sidomulyo, Kebonagung. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Kondisi truk warna biru milik warga Sidomulyo, Kebonagung. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sopir truk dan pekerja pengangkut kayu berhasil menyelamatkan diri.

Sopir berhasil loncat keluar dari truk sebelum truk terguling. Sedangkan, pekerja angkut tidak sedang berada di atas truk mengingat kondisi jalan licin saat hujan berlangsung cukup deras.

"Untungnya, sopir berhasil keluar sewaktu truk mulai miring hilang keseimbangan. Para pekerja juga posisinya juga tidak sedang berada di atas truk karena jalan licin saat hujan deras," sambungnya.

Puluhan warga setempat berjibaku membantu mengevakuasi truk. Mereka menggunakan derek untuk menarik truk dari dasar jurang. Namun, hingga berita ini diturunkan, truk masih belum bisa diangkat.

Oleh karenanya, para pengendara diharapkan untuk berhati-hati saat berkendara di musim hujan. Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima dan atur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan.

Lebih lanjut, peristiwa tersebut menyebabkan kerugian material yang cukup besar diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Truk mengalami kerusakan yang cukup parah. Muatan kayu juga berserakan di tepi maupun dasar jurang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Truk Terjun di Pacitan Banjarjo Kebonagung Kecelakaan Truk Muat Kayu
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1