HUT Damkar Ke-105 Tahun, Ini Pesan Mendagri

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

1 Maret 2024 07:45 1 Mar 2024 07:45

Thumbnail HUT Damkar Ke-105 Tahun, Ini Pesan Mendagri Watermark Ketik
Mendagri di HUT Damkar Ke-105 Nasional yang digelar di Lapangan Kodam V Brawijaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Di Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran yang ke 105 Tahun yang dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan pesan untuk para anggota Damkar.

"Damkar ini adalah visinya penyelamatan dari yang berat dan ringan-ringan, masyarakat banyak yang meminta bantuan seperti penyelamatan kucing, anjing, melepaskan cincin yang tidak bisa keluar," paparnya di Lapangan Kodam V pada Jumat (1/3/2024).

Foto Aksi penyelamatan dari Damkar Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Aksi penyelamatan dari Damkar Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)


Menurut Tito, pasukan Damkar sudah lama ada dari sebelum hingga setelah merdeka, hingga tetap eksis sampai sekarang."Sekarang usianya sudah 105 tahun, jadi pasukan berseragam yang sudah lama ada di Indonesia, sebelum Indonesia merdeka ada pemadam kebakaran, dan terus eksis sampai sekarang," paparnya.

Mengenai penanganan kejadian kebakaran, Tito berharap tetap harus ada pencegahan yang harus dilakukan dan jika ada kejadian harus cepat.

"Tentu tidak ada yang berharap ada kebakaran, tetapi pencagahan harus dilakukan. Kalau ada kejadian harus ada quick respon waktu yang cepat untuk datang dan menyelsaikan," ucap mantan Kapolri ini.

Foto Truk pemadam berjejer sebelum melakukan aksi pertunjukan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Truk pemadam berjejer sebelum melakukan aksi pertunjukan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

"Makin cepat penanganan damkar makin baik, tetapi juga tergantung pada teknologi, lalu lintas jalan raya, kemampuan petugas, banyak komponen lain," imbuh Tito.

Mengenai fungsi Kemendagri sebagai pembina dan pengawas fungsi Damkar, Tito menyampaikan ada beberapa kelebihan dan kelemahan termasuk masalah organisasi.

"Saya sudah sampaikan beberapa kelebihan dan kelemahan, termasuk masalah organisasi, pegawai kualitas kompetensi yang akan terus ditingkatkan," pungkas Tito Karnavian. (*)

Tombol Google News

Tags:

HUT Damkar Pemadam Kebakaran 105 tahun Menteri Dalam Negeri Mendagri Tito Karnavian