IIMS 2023 Surabaya Diharapkan Dongkrak Ekonomi Jawa Timur 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

31 Mei 2023 13:23 31 Mei 2023 13:23

Thumbnail IIMS 2023 Surabaya Diharapkan Dongkrak Ekonomi Jawa Timur  Watermark Ketik
Opening Ceremony IIMS 2023 di Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 resmi dibuka mulai hari di Grand City Convention Exhibition Surabaya, dengan belasan brand  kendaraan hingga komunitas otomotif memajang koleksi yang keren. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Jawa Timur Benny Sampirwanto menyebut pameran IIMS 2023 yang digelar di Surabaya 31 Mei hingga 4 Juni 2023 mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi. 

"Ini acara penting bukan hanya buat Surabaya, tapi juga Indonesia, karena pameran ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi tapi juga memberikan multiplayer effect," kata Benny saat datang di Opening Ceremony IIMS 2023, Rabu (31/5/2023).

Foto Booth milik Daihatsu di IIMS 2023. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Booth milik Daihatsu di IIMS 2023. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Industri otomotif merupakan salah satu industri strategis nasional, di mana menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) produk domestik bruto (PDB) industri otomotif sebesar Rp 200,79 triliun tahun 2022. Nilai tersebut naik 10,67 persen dibanding tahun sebelumnya. 

"Ini karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang memberikan diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM)," ujarnya. 

Benny membeberkan Jawa Timur miliki potensi bidang otomotif yang bisa dikembangkan, karena ada 61 industri besar yang tersebar di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang dan Pasuruan. 

Mengenai IIMS 2023 kendaraan yang diunggulkan sekarang adalah mobil ataupun motor bertenaga listrik. 

Sebesar 50 persen perusahaan otomotif menampilkan mobil listrik. Karena diakuinya, minat masyarakat kini mulai bergerak ke kendaraan listrik. 

Sejumlah kebijakan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan kendaraan listrik motor maupun mobil. 

"Tren naik, karena kita baca tren Jakarta, Februari sangat meningkat karena dengan adanya program pemerintah subsidi PPN itu membuat masyarakat antusias membeli. Juga dengan promosi beberapa target pemerintah zero emisi 2060 jadi euforia baru kendaraan listrik," ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung. 

Foto Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat mencoba salah satu brand motor di IIMS 2023. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat mencoba salah satu brand motor di IIMS 2023. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Di IIMS 2023 kali ini, menghadirkan brand-brand peserta, baik mobil, motor, maupun aksesoris atau aftermarket. 

Brand mobil ada Chery, Daihatsu, DFSK, Mitsubishi Motors, Toyota, UMC Suzuki dan Wuling, lalu brand motor akan menghadirkan Benelli Keeway, KTM Husqvarna, Royal Enfield, United E-Motor dan Satya Motoplex yang membawa Piaggio, Vespa, Aprilia dan Moto Guzi, melengkapi industri pendukung otomotif sebut saja Chemical Guys, Motoparts, Thule dan Von Dutch.

IIMS 2023 digelar mulai 31 Mei hingg 4 Junj 2023, yuk kunjungi booth brand kendaraan kesayangan Anda di sini. (*)

Tombol Google News

Tags:

iims 2023 Grand City pertumbuhan ekonomi Benny Sampirwanto otomotif