Ikawati BPN Kantah 2 Surabaya Pamerkan Produk UMKM di Tunjungan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

5 September 2022 13:21 5 Sep 2022 13:21

Thumbnail Ikawati BPN Kantah 2 Surabaya Pamerkan Produk UMKM di Tunjungan Watermark Ketik
Pameran Kantah Surabaya 2 di Jalan Tunjungan. (Foto: Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Surabaya 2 menggelar pameran UMKM di Kantor Arsip BPN Jalan Tunjungan Surabaya, Senin (5/9/2022). 

Total 10 UMKM binaan Kantah Surabaya 2 menjajakan produk unggulan mulai dari makanan, minuman, kerajinan hingga produk fesyen. Seluruh UMKM tersebut berhasil terseleksi karena tidak hanya merambah ke pasar nasional tetapi hingga ke internasional. 

Display yang menghiasi Jalan Tunjungan Surabaya tersebut sangat menarik untuk pengunjung sehingga banyak yang tertarik untuk melihat sekaligus juga membeli produk unggulan Ikawati Kantah Surabaya 2. 

Foto Pameran Kantah Surabaya 2 di Jalan Tunjungan. (Foto: Ketik.co.id)Pameran Kantah Surabaya 2 di Jalan Tunjungan. (Foto: Ketik.co.id)

Kepala Kantah 2 Surabaya, Lampri A.Ptnh SH MH mengatakan, bahwa pameran ini juga sebagai ajang promosi untuk menggandeng UMKM binaan Kantah Surabaya 2 yaitu yang berada di Surabaya Timur. 

"Ini display produk 10 UMKM binaan kami, walaupun sedikit kami harap dapat menggandeng UMKM lain yang ada di Surabaya Timur," ujarnya. 

Ia menambahkan, sektor UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi di Indonesia. 

"Potensi dari UMKM yang besar tersebut perlu dimaksimalkan," ucap Lampri. 

Ketua Ikawati Kantah Surabaya 2 Yetty Nurbuati Krystianti Lampri menjelaskan untuk menarik pengunjung pameran tersebut juga diadakan pembuatan batik tulis. 

"Sehingga bagi mereka yang ingin mengenalkan bagaimana cara pembuatan produk UMKM, mereka bisa melakukan pelatihan di hari-hari tertentu untuk menarik pengunjung," tuturnya. 

Yetty berharap berharap UMKM dari 15 kecamatan di Surabaya Timur dapat bergabung menjadi binaannya. Selain itu juga Ikawati dapat memfasilitasi agar UMKM binaan dapat lebih dikenal masyarakat. 

"Fasilitas yang kami berikan memang tidak berupa uang, tetapi kami memfasilitasinya tempat, sertifikasi produk sampai pemasaran," harap Yetty. 

Foto Pameran Kantah Surabaya 2 di Jalan Tunjungan. (Foto: Ketik.co.id)Pameran Kantah Surabaya 2 di Jalan Tunjungan. (Foto: Ketik.co.id)

Ketua Ikawati Kantah Surabaya 2 ini juga menjelaskan bahwa UMKM binaan tersebut tidak hanya dipasarkan dengan pameran saja, tetapi juga secara digital karena ATR/BPN memiliki market place yang bernama LaDaRa. 

Tidak hanya itu saja, LaDaRa juga dapat membantu pelaku UMKM dalam proses produksi, packaging, promosi hingga pemasaran. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Kantah Surabaya 2 Surabaya LaDaRa ATR BPN